MoFE Logo

Hampir 30 Tahun Motor Supra dari Masa ke Masa

Sudah hampir 30 tahun Motor Supra menemani dari masa ke masa dan berevolusi di tiap generasi.

Honda Supra motor legendaris di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1997, Honda Supra telah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Motor ini dikenal dengan performanya yang tangguh, irit bahan bakar, dan desainnya yang sporty. Hingga motor matic menguasai pasar, motor Supra bisa dibilang tipe bebek premium.

Ya walaupun sekarang motor ini dapat cap “motor bapak” karena generasi yang pernah punya motor ini kemungkinan sudah bapak-bapak ya.

Selain itu motor Supra juga dikait-kaitkan dengan motor galon. Alasannya? Rangka motor bebek kan terkenal kuat, nah motor Supra ini bisa dibilang punya rangka yang begitu berkualitas bahkan motor Supra keluaran lawas sering dimanfaatkan untuk antar jemput galon ya. Tapi sebetulnya ini jadi salah satu bukti bahwa motor Supra merupakan motor yang sangat tangguh melihat beban galon yang dibawa tidak mungkin ringan.

Alasan lainnya motor Supra dijadikan motor angkut galon adalah harganya yang murah untuk generasi lawas. Jadi pemilik usaha mendapat keuntungan selain mesinnya kuat, tapi tidak sayang jika motornya harus lecet atau membawa beban berat.

Selama lebih dari 22 tahun, Honda Supra telah mengalami beberapa kali perubahan generasi. Setiap generasinya memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut ini adalah ulasan mengenai generasi-generasi motor Honda Supra yang hampir 30 tahun dari masa ke masa:

Motor Supra Generasi Pertama (1997-2001)

Honda Supra generasi pertama diluncurkan pada tahun 1997 dengan nama Astrea Supra. Motor ini mengusung mesin 100cc SOHC yang bertenaga 8,25 PS. Astrea Supra memiliki desain yang sederhana namun kokoh. Motor ini juga terkenal irit bahan bakar, sehingga cocok digunakan untuk berkendara sehari-hari.

Motor Supra Generasi Kedua (2001-2005)

Honda Supra generasi kedua diluncurkan pada tahun 2001 dengan nama Supra X. Motor ini mengusung mesin 100cc SOHC yang bertenaga 8,7 PS. Supra X memiliki desain yang lebih sporty dibandingkan Astrea Supra. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru, seperti lampu depan halogen dan rem depan cakram.

Motor Supra Generasi Ketiga (2005-2010)

Honda Supra generasi ketiga diluncurkan pada tahun 2005 dengan nama Supra X 125. Motor ini mengusung mesin 125cc SOHC yang bertenaga 9,7 PS. Supra X 125 memiliki desain yang lebih modern dan elegan dibandingkan Supra X. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru, seperti lampu depan berteknologi LED dan rem cakram belakang.

Motor Supra Generasi Keempat (2010-2014)

Honda Supra generasi keempat diluncurkan pada tahun 2010 dengan nama Supra X 125 FI. Motor ini mengusung mesin 125cc SOHC berteknologi injeksi yang bertenaga 9,5 PS. Supra X 125 FI memiliki desain yang lebih aerodinamis dibandingkan Supra X 125. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru, seperti lampu belakang berteknologi LED dan kunci kontak bermagnet.

Motor Supra Generasi Kelima (2014-2019)

Honda Supra generasi kelima diluncurkan pada tahun 2014 dengan nama Supra GTR. Motor ini mengusung mesin 125cc SOHC berteknologi injeksi yang bertenaga 11,0 PS. Supra GTR memiliki desain yang lebih sporty dan agresif dibandingkan Supra X 125 FI. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru, seperti lampu depan berteknologi LED dan suspensi belakang tabung.

Motor Supra Generasi Keenam (2019-Sekarang)

Honda Supra generasi keenam diluncurkan pada tahun 2019 dengan nama Supra GTR 150. Motor ini mengusung mesin 150cc DOHC berteknologi injeksi yang bertenaga 16,9 PS. Supra GTR 150 memiliki desain yang lebih elegan dan mewah dibandingkan Supra GTR. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru, seperti lampu depan berteknologi LED, panel instrumen digital, dan smart key system.

Perkembangan Honda Supra dari Masa ke Masa

Dari generasi ke generasi, Honda Supra telah mengalami berbagai perubahan. Perubahan-perubahan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumen yang terus berkembang. Berikut ini adalah beberapa perkembangan yang terjadi pada Honda Supra dari masa ke masa:

Peningkatan kapasitas mesin

Dari generasi pertama hingga keenam, Honda Supra mengalami peningkatan kapasitas mesin. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa dan akselerasi motor.

Penggunaan teknologi injeksi

Honda Supra generasi keempat hingga keenam telah menggunakan teknologi injeksi. Teknologi ini membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

Perubahan desain

Honda Supra mengalami perubahan desain dari generasi ke generasi. Perubahan desain ini dilakukan untuk mengikuti tren dan selera konsumen yang terus berkembang.

Penambahan fitur-fitur baru

Honda Supra generasi terbaru dilengkapi dengan berbagai fitur baru, seperti lampu depan berteknologi LED, panel instrumen digital, dan smart key system. Fitur-fitur baru ini membuat Honda Supra semakin modern dan canggih.

Legendaris! Kayaknya 1 kata itu sepertinya tepat untuk disematkan untuk bebek satu ini. Motor ini telah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia selama hampir 30 tahun.

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait