MoFE Logo

Pilih Motor Scoopy atau Fazzio? Pertarungan Segmen Retro!

Pilih Motor Scoopy atau Fazzio ? Pertarungan segmen Retro!

Pertarungan di Segmen Motor Matic Retro Modern

Di dunia otomotif, persaingan antara produsen motor memang selalu menarik untuk disimak, terutama di segmen motor matic retro. Motor bergaya dengan desain fashionable ini telah menemukan tempat khusus di hati para penggemar roda dua. 

Selera pelanggan di pasar sepeda motor berubah dengan cepat. Namun, tren desain retro-modern yang dimulai dari Honda Scoopy tidak semakin kuat dengan bentuk mainstream. Untuk melawan Scoopy, Yamaha merilis Fino. Tetapi di pertarungan antara Yamaha Fino VS Scoopy,  Yamaha Fino dianggap sebagai salinan Scoopy dan gagal mengejar Scoopy. Belajar dari kegagalan Fino, Yamaha merilis Fazzio dengan desain unik yang memiliki selera lebih modern daripada Fino dan Scoopy.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas dua motor matic retro yang cukup menarik perhatian, yaitu Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy. Kedua motor stylish ini sering kali dibandingkan head to head karena bertarung di segmen yang sama dan memiliki harga yang mirip-mirip, yakni sekitar 22 jutaan. Jadi, kamu tim Fazzio atau Scoopy nih? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Perbandingan Harga

Saat berbicara tentang harga, motor Yamaha Fazzio atau Honda Scoopy berada di kisaran yang sama, sekitar 22 jutaan. Honda Scoopy dibanderol mulai dari Rp 21,98 juta untuk varian Sport dan Fashion. Varian yang lebih mahal, yakni Scoopy Stylish dan Scoopy Prestige, dibanderol di angka Rp 22,78 juta. Di sisi lain, Yamaha Fazzio memiliki dua opsi harga. Versi Yamaha Fazzio Neo dijual seharga Rp 22,65 juta, sedangkan versi Yamaha Fazzio Lux sedikit lebih mahal, yakni di harga Rp 23 juta.

Dari sisi harga, Honda Scoopy menawarkan lebih banyak variasi. Dengan berbagai opsi yang tersedia, konsumen bisa memilih varian yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka. Jadi, apakah kamu sudah bisa menentukan pilihan dari segi harga? Jika belum, mari kita lanjut ke perbandingan berikutnya!

Perbandingan Varian Warna

Warna sering menjadi pertimbangan penting bagi banyak orang dalam memilih motor. 

Strategi warna Honda Scoopy mengikuti arus utama. Honda selalu memilih warna yang paling populer di pasar. Tetapi Yamaha selalu menantang warna-warna baru dan mencoba menjadi pencetus tren dalam variasi warna. Untuk Fazzio, Yamaha memilih nada pastel dan campuran dua warna yang sangat dievaluasi oleh para fashionista.

Setiap model dari Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy menawarkan berbagai pilihan warna yang menarik. Untuk Yamaha Fazzio tipe Lux Connected, ada tiga pilihan warna: white pearl, prestige silver, dan black. Sementara itu, tipe Yamaha Fazzio Neo hadir dengan lima warna yang lebih pop, yaitu yellow, mint, dull blue, orange, dan red.

Honda Scoopy juga tidak kalah dalam hal pilihan warna. Scoopy menawarkan delapan varian warna: brown, sporty red, fashion blue, prestige black, prestige white, stylish red, sporty grey, dan stylish green. Perbedaan mencolok antara kedua motor ini adalah bagaimana warna tersebut diaplikasikan. Warna pada Yamaha Fazzio cenderung lebih monoton dan solid, dengan kombinasi minimal di area tertentu. Sebaliknya, Scoopy sering menggabungkan beberapa warna dalam satu varian, memberikan kesan lebih dinamis dengan tambahan stiker-stiker striping khasnya.

Jika kamu lebih suka tampilan yang clean dan simple seperti Vespa, Yamaha Fazzio mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok. Namun, jika kamu menyukai tampilan yang lebih berwarna dan playful, Honda Scoopy bisa menjadi pilihan yang lebih menarik.

Perbandingan Tampilan Desain

Desain adalah aspek yang sangat subjektif karena semuanya kembali ke selera masing-masing. Kedua motor ini sama-sama mengusung konsep retro dan stylish, namun dengan pendekatan yang berbeda. Yamaha Fazzio terlihat jelas ingin menghadirkan kesan skuter ala Eropa dengan “jiwa” Vespa yang kuat. Headlamp Fazzio berada di dalam setang, memberikan tampilan yang lebih klasik dan berbeda dari Scoopy.

Ketika desainer Honda merancang Scoopy, mereka berusaha menghindari desain yang mirip dengan “Vespa”. Honda Scoopy, di sisi lain, memiliki desain body yang lebih membulat dan curvy. Headlamp Scoopy terletak di depan body, bukan di setang, sehingga memberikan kesan retro yang lebih modern dan kekinian. Desain ini membuat Scoopy terlihat lebih sporty dan dinamis dibandingkan dengan Fazzio.

Jadi, apakah kamu lebih suka tampilan skuter Eropa ala Yamaha Fazzio atau tampilan curvy dan modern ala Honda Scoopy? Semua kembali ke selera pribadi!

Perbandingan Mesin

Performa mesin adalah aspek penting yang sering menjadi pertimbangan utama dalam memilih motor. Yamaha Fazzio dilengkapi dengan mesin berkapasitas 125 cc, lebih besar dibandingkan dengan Honda Scoopy yang hanya memiliki kapasitas mesin 110 cc. Fazzio juga telah dilengkapi dengan teknologi mild-hybrid yang membantu akselerasi dengan memanfaatkan fungsi Smart Motor Generator (SMG).

Namun, ketika berbicara tentang power, Scoopy ternyata lebih unggul. Honda Scoopy memiliki power sebesar 6,6 kW atau setara dengan 8,85 dk pada 7.500 rpm, lebih tinggi dibandingkan dengan Fazzio yang hanya memiliki power 6,2 kW atau setara dengan 8,31 dk pada 6.500 rpm. Di sisi lain, Fazzio lebih unggul dalam hal torsi, dengan raihan sebesar 10,6 Nm di 4.500 rpm, sedangkan Scoopy hanya 9,3 Nm di 5.500 rpm.

Dari perbandingan ini, terlihat bahwa meskipun Fazzio memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dan teknologi mild-hybrid, Scoopy masih unggul dalam hal power. Namun, Fazzio memiliki keunggulan dalam hal torsi yang lebih besar, memberikan akselerasi yang lebih responsif.

Kesimpulan

Setelah membahas berbagai aspek dari Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy, kita bisa melihat bahwa masing-masing motor memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Dalam hal harga, Scoopy menawarkan lebih banyak variasi dan pilihan. Dari segi warna, Scoopy juga lebih dinamis dengan kombinasi warna yang lebih beragam. Namun, jika kamu menyukai tampilan yang lebih simple dan clean, Fazzio bisa menjadi pilihan yang lebih cocok.

Dalam hal desain, pilihan antara Fazzio dan Scoopy sangat tergantung pada selera pribadi. Fazzio dengan tampilan skuter Eropa dan Scoopy dengan desain curvy dan modern keduanya sama-sama menarik. Dari segi performa mesin, meskipun Scoopy lebih unggul dalam hal power, Fazzio memiliki keunggulan dalam hal torsi dan teknologi mild-hybrid.

Scoopy pertama kali dirilis pada tahun 1984 di Eropa. Ketika Scoopy dirilis, beberapa orang mengatakan Scoopy sebagai salinan Vespa. Namun setelah 40 tahun, Scoopy telah membangun reputasinya sendiri dan dianggap sebagai produk unik dari Honda. Yamaha Fino gagal karena Fino mencoba mengikuti desain Scoopy. Tetapi Fazzio terlihat berbeda. Desain modern mereka dan selera desain yang lebih “kotak” dapat menjadi pembeda dari Scoopy. Siapa tahu? Setelah 10 tahun, orang mungkin menganggap Fazzio sebagai produk unik dan membangun reputasinya sendiri seperti Scoopy.

Jadi, apakah kamu tim Fazzio atau tim Scoopy? Kedua motor ini sama-sama memiliki daya tarik yang kuat dan fitur-fitur unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan dan selera berbagai kalangan. Baik motor Scoopy atau Fazzio,Pilihan akhir tentu saja ada di tangan kamu!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait