MoFE Logo

Motor Listrik Honda EM1, Spesifikasi dan Harganya

Honda Merilis Motor Listrik EM1 e: untuk pasar Eropa

MoFE – Honda berbagi visinya untuk mencapai netral karbon hingga tahun 2050 dan mewujudkannya dengan mengambil langkah maju dengan merilis untuk pertama kalinya untuk pasar Eropa, motor listrik EM1. Ditujukan terutama untuk mobilitas di perkotaan, khususnya anak muda yang mencari mencari kendaraan yang hemat biaya dan ramah lingkungan. Keistimewaan Honda EM1 ini terletak pada signifikansinya dalam jajaran produk raksasa Jepang, bukan pada spesifikasinya.

Honda EM1 e: menyasar pengendara anak muda

Kemampuan Unit Daya EM1

In-wheel motor yang digunakan pada motor ini mendorong hingga top speed hanya di bawah 45km per jam, dan jangkauan berkisar antara 40km hingga 48km tergantung pada mode berkendara. Konsumsi listriknya sekitar 74Wh/km. EM1 menggunakan motor in-wheel yang menghasilkan kecepatan 45km/jam, daya maksimum sebesar 2.31ps (1.7kW), dan torsi maksimum sebesar 9.1kg-m (90Nm). Torsi maksimum ini sebenarnya mirip dengan motor besar.

Charging baterai Honda EM1 e:

Spesifikasi Baterai

Pada bagian daya, Honda EM1 dibekali baterai lithium-ion seberat 10.3kg dan 50.3v dapat dilepas. MoFE berharap Astra Honda Motor akan mengembangkan stasiun pengisian baterai di Indonesia yang memungkinkan para pengendara EM1 e: tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya sepeda motor. Pengendara hanya perlu mengganti baterai, yang hanya membutuhkan waktu 1 menit. Namun, baterai akan membutuhkan enam jam untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh dan 160 menit dari 25% hingga 75%.

Bagian Body dan Fitur Honda EM1 e:

Bagian body dan fitur

EM1 e: telah mengemas banyak hal, termasuk penyimpanan bawah jok berkapasitas 3,3 liter, port pengisian daya USB, lampu LED di sekelilingnya, pengait tas, rel pegangan, dan pijakan kaki pembonceng yang dapat dilipat.

Skuter ini dipasang pada rangka tulang belakang baja dengan garpu depan teleskopik 31mm, yang dipadankan dengan suspensi belakang ganda untuk menyerap goncangan saat berkendara di perkotaan. Roda depan berukuran 12 inci terbuat dari aluminium cor untuk mengurangi berat. Sementara roda belakang berukuran 10 inci menggunakan desain komposit baja/aluminium. Honda memilih sistem pengereman gabungan (CBS) yang terdiri dari cakram depan dengan satu piston berukuran 190mm dan rem belakang drum berukuran 110mm. Saat rem belakang diaktifkan, CBS mendistribusikan daya pengereman ke kaliper depan.

Dengan tinggi jok sebesar 740mm, EM1 e akan mudah dijangkau oleh pengendara yang lebih pendek. Dan dengan berat hanya 95kg, termasuk baterai, akan memungkinkan manuver yang mudah.

Perkiraan Harga Motor Listrik Honda EM1 e:

Harga EM1 e: belum diungkapkan. MoFE memperkirakan harganya akan sedikit lebih tinggi daripada harga Yamaha Neos di Eropa, yaitu 3.500 Euro (57 Juta) termasuk baterai dan charger. Namun, jika Honda meluncurkan sepeda motor tanpa baterai dan memperkenalkan layanan langganan baterai seperti Gogoro di Taiwan, harga dapat lebih rendah dari 2.000 Euro (32 Juta). Namun, 32 Juta masih mahal bagi konsumen Indonesia. Jika Anda memiliki 32 Juta, Anda dapat membeli Honda PCX CBS dan Yamaha NMAX. Namun, subsidi dari Pemerintah Indonesia dapat menjadi faktor penentu jika mereka menyediakan 10 juta. Sehingga harga EM1 e: dapat berada di sekitar 20 Juta yang sebanding dengan Honda Genio dan Yamaha FreeGo.

MoFE menganalisis lebih lanjut tentang sepeda motor listrik, silakan periksa artikel ini!

Dan jika Anda mencari pilihan realistis seperti sepeda motor bekas, silakan cek harganya di MoFE!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait