MoFE Logo

3 rekomendasi di bawah 3 jutaan! Berikut Rekomendasi dan Pertimbangannya

Rekomendasi Motor Bekas di Bawah 3 juta

MoFE – Sepeda motor termasuk barang mahal bagi sebagian besar orang. Tidak semua orang memiliki cukup uang untuk membeli sepeda motor baru. Bahkan sepeda motor bekas dalam kondisi baik atau sepeda motor bekas tahun muda harganya sama dengan sepeda motor baru. Beberapa pembeli yang sedang mencari sepeda motor bekas dengan anggaran terbatas, lebih memilih sepeda motor murah di bawah 5 juta. Dan beberapa orang memiliki anggaran yang lebih terbatas di bawah 3 juta. Tetapi MoFE tidak merekomendasikan Anda untuk membeli sepeda motor bekas 3 jutaan, dan berikut adalah beberapa alasannya!

Pertimbangan membeli motor bekas 3 jutaan

  • Sepeda motor pasti membutuhkan perbaikan

Sebagian besar sepeda motor bekas di bawah 3 juta kondisinya mungkin sudah jelek dan membutuhkan banyak perbaikan. Bahkan jika Anda membeli sepeda motor ini dengan harga 3 juta, Anda harus membayar biaya perbaikan dari kantong Anda sendiri, akibatnya beban keuangan Anda semakin besar. Selain itu, jika perbaikan tidak dilakukan dengan baik, hal ini bisa menyebabkan masalah lebih lanjut di kemudian hari.

  • Sepeda motor bisa saja hasil curian

Jika harga sepeda motor terlalu murah, seperti di bawah 3 juta dalam kondisi baik, Anda perlu meragukan apakah sepeda motor ini hasil curian atau tidak. Jika Anda membeli sepeda motor curian, Anda bisa ditangkap dan dikenakan tuduhan kepemilikan barang curian. Selain itu, Anda mungkin tidak dapat mendapatkan asuransi untuk sepeda motor tersebut, yang berarti Anda bertanggung jawab secara finansial atas segala kerusakan yang terjadi.

  • Sepeda motor bisa merupakan penipuan

Ada banyak penipuan yang melibatkan sepeda motor. Beberapa penjual mungkin mencoba menjual sepeda motor yang sebenarnya tidak ada. Para penipu ini meminta Anda untuk mentransfer uang terlebih dahulu dan setelah mereka mendapatkan uang, mereka menghilang. Atau saat Anda menghubungi mereka, mereka mengatakan bahwa sepeda motor 3 juta sudah terjual dan mencoba menjual yang lebih mahal. Dalam kedua kasus tersebut, Anda bisa kehilangan uang jika Anda terjebak dalam penipuan.

  • Resiko mengalami kecelakaan

Motor dengan harga di bawah 3juta kemungkinan besar memiliki kondisi yang kurang baik. Jika Anda memaksakan untuk tetap menggunakannya dan tidak melakukan peremajaan terlebih dahulu setelah membeli. Kemungkinan resiko saat penggunaan bisa saja terjadi.

Anda bisa ditangkap jika membeli sepeda motor curian. Seperti yang disebutkan di atas, jika Anda membeli sepeda motor curian, Anda bisa ditangkap dan dikenakan tuduhan kepemilikan barang curian. Ini bisa mengakibatkan hukuman penjara dan catatan kriminal.

Anda bisa kehilangan uang jika membeli sepeda motor dalam skema penipuan. Jika Anda membeli sepeda motor dalam skema penipuan, Anda bisa kehilangan uang Anda. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan penjual sebenarnya tidak memiliki sepeda motor atau mereka tidak dapat mengirimkannya kepada Anda.

3 rekomendasi di bawah 3 juta

Meskipun ada risiko di atas, jika Anda perlu membeli sepeda motor bekas dengan harga di bawah 3 juta, MoFE memberikan rekomendasi berikut ini. Jika kita menyimpulkan terlebih dahulu, sebaiknya jangan membeli sepeda motor matik di bawah 3 Juta, tetapi belilah Motor Bebek. Mesin matik dirancang untuk melakukan overhaul mesin dan suku cadangnya sekitar 50.000 km. Namun, sebagian besar pengendara di Indonesia tidak melakukan overhaul mesin dan terkadang mereka tidak pergi ke bengkel secara teratur. Sebagian besar sepeda motor matik bekas yang lebih dari 10 tahun menunjukkan kondisi yang buruk dan kehilangan daya karena ausnya bagian-bagian mesin.

Namun, motor bebek dirancang untuk bekerja dalam situasi yang sulit, jarak yang lebih jauh, dan kondisi jalan yang buruk. Motor bebek menunjukkan kondisi yang lebih baik daripada motor matik jika jarak dan usianya sama. Berikut adalah rekomendasi dari MoFE:

Honda Revo Generasi Pertama dan Kedua, sebelum 2007

Honda Revo diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2007 dan menjadi sepeda motor terlaris di Indonesia. Revo terbukti tangguh dan efisien dengan mesin dan rangkanya. Mesin Honda Revo 110cc mewarisi mesin legendaris Honda Cub, yang awalnya dirancang oleh Soichiro Honda, pendiri Honda Motor pada tahun 1960-an. Namun, mesin tersebut telah berkembang menjadi mesin modern dan tetap mempertahankan kekuatan dan efisiensinya.

Honda Revo

Yamaha Vega Tahun sebelum 2008, Vega R dan Vega ZR

Yamaha Vega diluncurkan pada tahun 1999. Pada saat itu, sepeda motor ini menggunakan mesin 105 cc yang diwarisi dari Yamaha Crypton, skuter 4-tak pertama dari Yamaha Indonesia, dan memiliki bodi yang mirip dengan Yamaha F1Z-R. Pada tahun 2006, Yamaha merilis Vega R dengan mesin 110 cc yang sama dengan Jupiter Z. Mesin ini lebih ramah lingkungan dengan penggunaan Air Induction System (AIS), namun tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar. Pada tahun 2010, Yamaha merilis Vega ZR dan tetap menggunakan rangka dan mesin yang sama.

Yamaha Vega

Suzuki Shogun 2008

Suzuki mulai menggunakan nama “Shogun” (yang berarti Jenderal dalam bahasa Jepang) yang pertama kali digunakan oleh PT Indomobil Niaga International (IMNI) untuk sepeda motor bebek 4-tak pertamanya sejak tahun 1995. Pada tahun 2004, Suzuki meningkatkan mesin Shogun dari 110cc menjadi 125cc untuk tetap mempertahankan keunggulannya dalam hal tenaga. Meskipun Suzuki kehilangan pangsa pasar dan ketenarannya, Shogun adalah sepeda motor yang terbuat dengan baik yang mendominasi pasar Indonesia dan keawetannya terbukti.

Suzuki Shogun
Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait