MoFE Logo

Masalah Vespa Matic Tidak Bisa Di-Starter

Masalah Vespa Matic Tidak Bisa Di-Starter kayanya banyak banget kejadiannya deh!

Vespa matic merupakan salah satu jenis motor yang hits banget di kalangan remaja di Indonesia. Selain desainnya yang retro dengan pilihan warna yang nge-pop, kayanya scooter ini jadi idaman karena value motor ini membawa kesan “lux” yang mengendarainya.

Gak heran deh motor ini banyak banget yang mengidam-idamkannya!

Namun, seperti halnya motor pada umumnya, Vespa matic juga bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering dialami oleh Vespa matic adalah tidak bisa di-starter. Masalah ini tentu sangat mengganggu, karena membuat pengguna Vespa matic tidak bisa menyalakan mesin motornya.

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan masalah Vespa matic tidak bisa di-starter.Jika hal ini terjadi berikut bisa jadi beberapa kemungkinannya!:

Aki lemah atau habis

Aki merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyediakan arus listrik untuk menyalakan mesin motor. Jika aki lemah atau habis, maka mesin motor tidak akan bisa di-starter.

Untuk mengetahui apakah aki Vespa matic Anda lemah atau habis, Anda bisa melakukan beberapa cara, yaitu:

  • Cek tegangan aki. Tegangan aki yang normal adalah sekitar 12,5-13,5 volt. Jika tegangan aki Anda kurang dari 12,5 volt, maka aki Anda sudah lemah dan perlu diganti.
  • Perhatikan kondisi aki. Jika aki Anda terlihat menggelembung atau retak, maka aki Anda sudah rusak dan perlu diganti.

Perhatikan jenis akinya juga ya! Karena tiap motor membutuhkan jenis aki yang berbeda. Konsultasikan dengan ahlinya ya! Di marketplace sendiri harga aki untuk Vespa mulai dari 150/200 ribuan.

Ada baiknya Anda mengecek tiap 4 atau 5 bulan sekali kondisi aki ke bengkel. Dan agar aki tidak drop tidak ada salahnya untuk mencopot aki jika memang Vespa kailan jarang digunakan.

Relay starter rusak

Ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jika relay starter rusak, maka arus listrik tidak akan mengalir ke dinamo starter, sehingga mesin motor tidak akan bisa di-starter.

Untuk mengetahui apakah kondisi Relay starter rusak atau tidak kalian bisa lihat tampilan kondisinya. Jika relay starter terlihat terbakar atau hangus, maka relay starter Anda sudah rusak dan perlu diganti.

Perlu periksa juga apa apakah koneksi relay starter terhubung dengan baik. Koneksi yang terhubung kurang baik menyebabkan arus listrik tidak akan mengalir ke relay starter, sehingga relay starter tidak akan bekerja.

Soket switch standar samping tidak aman

Soket switch standar samping berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jika soket switch standar samping tidak aman, maka arus listrik tidak akan mengalir ke dinamo starter, sehingga mesin motor tidak akan bisa di-starter.

Periksa lah kondisi soket switch standar samping. Jika soket switch standar samping terlihat longgar atau rusak, maka soket switch standar samping Anda perlu diperbaiki atau diganti.

Pastikan pula koneksi soket switch standar samping. Jika koneksi soket switch standar samping tidak terhubung dengan baik, maka arus listrik tidak akan mengalir ke soket switch standar samping, sehingga soket switch standar samping tidak akan bekerja.

Penanganan Masalah Vespa Matic Tidak Bisa Di-Starter

Setelah mengetahui penyebab masalah Vespa matic tidak bisa di-starter, maka Anda bisa melakukan penanganan yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan:

Ganti aki Jika aki Vespa matic Anda lemah atau habis, maka Anda perlu mengganti aki tersebut dengan aki yang baru. Aki yang baru harus memiliki spesifikasi yang sama dengan aki lama.

Perbaikan atau penggantian relay starter jika relay starter Vespa matic Anda rusak, maka Anda perlu memperbaiki atau mengganti relay starter tersebut. Anda bisa memperbaiki relay starter tersebut sendiri atau membawanya ke bengkel.

Jika soket switch standar samping Vespa matic Anda tidak aman, maka Anda perlu memperbaiki atau mengganti soket switch standar samping tersebut. Untuk harga yang bisa ditemukan di marketplace adalah sekitar 350 ribuan, tapi pastikan dulu ya kualitas dari sparepartnya.

Tips Agar Vespa Matic Tetap Awet

Untuk menghindari masalah Vespa matic tidak bisa di-starter, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Periksa kondisi aki secara rutin. Periksa kondisi aki Vespa matic Anda secara rutin. Jika aki Anda lemah atau habis, maka segera ganti aki tersebut.
  • Copot aki jika memang Vespa jarang aktif
  • Hindari penggunaan aksesoris berlebih yang mempengaruhi arus listrik aki Vespa Anda.
  • Pastikan untuk memeriksa kondisi relay starter dan soket switch standar samping secara rutin. Jika ada kerusakan, segera perbaiki atau ganti komponen tersebut

Semisal Anda merasa bosan dengan Vespa dan ingin beralih ke motor lain atau mengganti dengan Vespa yang lainnya, silakan untuk cek harga bekasnya di MoFE ya!

Baca juga artikel lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait