MoFE Logo

Lebih Baik Pakai Standar Tengah atau Samping?

Kalau menurut Anda lebih baik standar tengah atau samping? Karena pastinya banyak pendapat yang berbeda nih!

Setiap motor, baik motor bebek, matik, maupun sport, umumnya dilengkapi dengan dua buah standar, yaitu standar samping dan standar tengah. Kedua standar ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menopang motor agar tidak roboh saat diparkir. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara kedua standar tersebut, baik dari segi fungsi, manfaat, maupun cara penggunaannya.

Standar Samping

Ini merupakan standar yang paling umum digunakan oleh pengendara motor. Standar ini terletak di sisi kiri motor dan memiliki bentuk yang menyerupai tangga. Untuk menggunakan standar samping, pengendara hanya perlu menarik tuas standar yang terletak di bawah jok motor.

Standar samping memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Praktis dan mudah digunakan. Standar samping dapat dengan mudah diaktifkan dan dinonaktifkan hanya dengan menarik tuas standar yang terletak di bawah jok motor. Hal ini membuat standar samping menjadi pilihan yang tepat untuk parkir motor dalam jangka waktu singkat.
  • Cocok untuk parkir di lahan yang sempit. Standar samping memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga dapat digunakan untuk parkir di lahan yang sempit. Hal ini penting untuk diperhatikan, terutama di kota-kota besar yang memiliki lahan parkir yang terbatas.
  • Tidak memerlukan tenaga yang besar untuk menggunakannya. Standar samping dapat digunakan dengan menggunakan tenaga yang relatif kecil. Hal ini membuat standar samping menjadi pilihan yang tepat untuk pengendara yang memiliki tenaga terbatas, seperti wanita atau anak-anak.

Namun, standar samping juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Hanya menopang motor dari satu sisi, sehingga motor menjadi kurang stabil. Standar samping hanya menopang motor dari satu sisi, yaitu sisi kiri. Hal ini membuat motor menjadi kurang stabil dan rentan terjatuh, terutama jika permukaan tempat parkir tidak rata atau licin.
  • Dapat menyebabkan suspensi dan ban sisi standar menjadi lebih cepat aus. Standar samping hanya menopang motor dari satu sisi, sehingga beban motor bertumpu pada suspensi dan ban sisi standar. Hal ini dapat menyebabkan suspensi dan ban sisi standar menjadi lebih cepat aus.
  • Kurang aman dari tindak kejahatan. Standar samping dapat dengan mudah dinaikkan oleh orang lain, sehingga motor menjadi lebih rentan dicuri.

Standar Tengah

Anda mungkin mengenalnya dengan istilah standar 2 yang terletak di tengah-tengah motor. Standar ini memiliki bentuk yang menyerupai tripod dan memiliki mekanisme yang lebih rumit daripada standar samping. Untuk menggunakan standar tengah, pengendara perlu menekan tuas standar yang terletak di bawah jok motor, lalu mendorong motor ke belakang hingga standar tengah terpasang.

Standar tengah memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Menopang motor secara seimbang, sehingga motor menjadi lebih stabil. Standar tengah menopang motor secara seimbang dari dua sisi, yaitu sisi kiri dan kanan. Hal ini membuat motor menjadi lebih stabil dan tidak mudah terjatuh, bahkan jika permukaan tempat parkir tidak rata atau licin.
  • Dapat mengurangi beban pada suspensi dan ban. Standar tengah dapat mengurangi beban pada suspensi dan ban, sehingga komponen-komponen tersebut menjadi lebih awet.
  • Lebih aman dari tindak kejahatan. Standar tengah lebih sulit dinaikkan oleh orang lain, sehingga motor menjadi lebih aman dari tindak kejahatan.

Namun, standar tengah juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Kurang praktis dan sulit digunakan. Standar tengah memiliki mekanisme yang lebih rumit daripada standar samping, sehingga membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menggunakannya. Hal ini membuat standar tengah menjadi pilihan yang kurang tepat untuk parkir motor dalam jangka waktu singkat.
  • Cocok untuk parkir di lahan yang luas. Standar tengah memiliki ukuran yang relatif besar, sehingga tidak cocok untuk parkir di lahan yang sempit.

Dapat disimpulkan bahwa lebih baik standar tengah atau samping bergantung pada kebutuhan kita masing-maisng. Standar tengah lebih baik digunakan daripada standar samping untuk parkir motor dalam jangka waktu lama. Hal ini karena standar tengah dapat menopang motor secara seimbang dan mengurangi beban pada suspensi dan ban. Namun, standar samping tetap dapat digunakan untuk parkir motor dalam jangka waktu singkat, misalnya saat parkir di lahan yang sempit.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan standar motor dengan tepat:

  • Pastikan permukaan tempat parkir rata dan tidak licin. Permukaan tempat parkir yang tidak rata atau licin dapat membuat motor menjadi lebih mudah terjatuh.
  • Pastikan standar dalam kondisi prima dan tidak rusak. Standar yang rusak dapat membuat motor menjadi tidak stabil dan rentan terjatuh.
  • Pastikan motor dalam keadaan mati. Motor yang dalam keadaan hidup dapat menyebabkan kecelakaan jika tidak sengaja terjatuh.
  • Pastikan tuas standar terpasang dengan sempurna. Tuas standar yang tidak terpasang dengan sempurna dapat membuat motor menjadi tidak stabil dan rentan terjatuh.
  • Jika menggunakan standar tengah, pastikan motor dalam keadaan tegak lurus. Motor yang tidak tegak lurus dapat membuat standar tengah menjadi rusak.

Baca artikel yang lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait