MoFE Logo

Kode MIL 12 pada Motor Honda Vario

Kode MIL 12 pada Motor Honda Vario jadi pembahasan yang cukup banyak di internet.

Dan kayaknya pemilik motor Honda Vario pasti sudah tidak asing dengan kode MIL (malfunction indicator lamp) atau lampu indikator malfungsi.

Kode MIL ini akan menyala jika terjadi masalah pada sistem mesin motor. Salah satu kode MIL yang sering muncul pada motor Honda Vario adalah kode 12.

Sebelum kita lanjut bahas mendalam tentang kode MIL 12, hanya untuk memperjelas bahwa kode ini bukan ditunjukan dengan kedipan lampu indikator 12 kali. Melainkan terjadi kedipan panjang 1 kali dan kedipan pendek 2 kali.

Kedipan indikator panjang dan pendek kemudian digabung dan membentuk istilah Kode MIL 12.

Kode MIL 12 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sistem injeksi bahan bakar. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari injektor yang kotor atau rusak, pompa bensin yang mati, hingga sekring putus.

Penyebab Kode MIL 12

Mekipun kode tersebut kalau menurut buku petunjuk terjadi permasalahan injeksi motor, namun untuk permasalahan intinya bisa terjadi karena beberapa kemungkinan nih!

Injektor kotor atau rusak

Ada yang belum tau apa itu injektor? Gampangnya alat ini yang menyemprotkan bensin pada motor ke komponen ruang bakar.

Jika injektor kotor atau rusak, maka penyemprotan bahan bakar akan tidak optimal. Hal ini bisa menyebabkan mesin motor menjadi tidak bertenaga, boros bahan bakar, atau bahkan mogok.

Pompa bensin mati

Agar bensin atau bahan bakar pada sepeda motor bisa mengalir ke injektor, maka membutuhkan bantuan alat yakni pompa bensin.Terus kalau mati gimana?

Ya bahan bakar tidak akan mengalir ke injektor. Hal ini jelas tentu akan menyebabkan mesin motor tidak bisa menyala karena tidak ada pembakaran yang terjadi.

Sekring putus

Sekring berfungsi untuk melindungi komponen-komponen kelistrikan motor dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan. Jika sekring putus, maka arus listrik ke komponen-komponen tersebut akan terputus. Salah satu komponen yang bisa terdampak adalah injektor.

Gejala Kode MIL 12

Dalam beberapa kondisi motor ada yang tidak langsung mogok atau mati, namun sudah muncul beberapa gejala yang tentunya terasa sekali pada performa motor itu sendiri.

  • Mesin motor tidak bertenaga
  • Terasa boros bahan bakar
  • Motor mati alias mogok
  • Asap hitam terlihat muncul dari motor

Cara Penanganan Kode MIL 12

Jika kode MIL 12 menyala pada motor Honda Vario, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa injektor.

Injektor bisa diperiksa dengan cara melepasnya dari motor dan kemudian dicek secara visual. Jika injektor terlihat kotor, maka bisa dibersihkan dengan cairan pembersih khusus. Namun, jika injektor terlihat rusak, maka perlu diganti dengan yang baru.

Cek Kemungkinan Gangguan Injektor

Apakah akan semudah itu? Belum tentu juga, karena banyak kemungkinan yang menyebabkan terjadi gangguan pada bagian injektor.

Penting sekali untuk mengecek hingga mengurutkan kemungkinan penyebab yang sebelumnya kita bahas. Supaya apa? Untuk memastikan bahwa penangan pada permasalahan utama teratasi dengan benar dan tak terjadi gangguan pada injektornya.

Pastikan untuk cek pompa bensin.  Pompa bensin bisa diperiksa dengan cara menghidupkan mesin motor. Jika pompa bensin bekerja dengan normal, maka akan terdengar suara dengungan dari dalam tangki. Jika tidak terdengar suara dengungan, maka kemungkinan pompa bensin sudah mati atau terjadi kerusakan

Kemudian, sekring perlu diperiksa untuk memastikan apakah putus atau tidak. Sekring bisa diperiksa dengan cara melihatnya secara visual. Gunakan sekring yang sesuai dengan standar ya! Karena kualitas yang kurang baik malah bisa terjadi kerusakan hingga merusak komponen lain.

Terus kalau dari beberapa poin yang kita bahas ternyata belum ditemukan masalahnya gimana?

Jika beberapa komponen tersebut sudah diperiksa dan tidak ditemukan masalah, maka kemungkinan kode MIL 12 disebabkan oleh masalah lain, seperti kerusakan pada ECU (electronic control unit) atau sensor-sensor. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya motor dibawa ke bengkel resmi Honda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dengan mengetahui penyebab, gejala, dan cara penanganan kode MIL 12, maka pemilik motor Honda Vario dapat mengatasi masalah ini dengan cepat dan efisien.

Ngomong-ngomong kalau di MoFE banyak yang jual Honda Vario bekas dengan segala tipe lho!

Yang jelas kalian bisa dapatkan motor Honda Vario bekas di MoFE dengan harga dan kualitas terbaik

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait