MoFE Logo

Keuntungan Menggunakan Motor Keyless

Apa sih kelebihan pakai motor keyless? Oke kali ini akan kita bahas pertanyaan tersebut!

Teknologi keyless kini semakin populer di kalangan pengguna sepeda motor.

Teknologi ini menggantikan fungsi anak kunci konvensional dengan remote, sehingga pengendara tidak perlu lagi memasukkan anak kunci ke lubang kunci untuk menyalakan atau mematikan mesin motor.

Bisa dibilang sistem kunci pintar pertama kali di Indonesia diadopsi oleh Yamaha Aerox, yang mana teknologi tersebut membuatnya dapat beroperasi tanpa kunci konvensional alias keyless.

Praktis? Jelas! motor keyless juga memiliki beberapa keuntungan lainnya.

Berikut adalah 5 kelebihan pakai motor keyless:

1. Lebih Praktis untuk Digunakan

Kelebihan pakai motor keyless yang pertama adalah kemudahan penggunaannya. Pengendara tidak perlu lagi mengeluarkan anak kunci dari saku atau tas untuk menyalakan atau mematikan mesin motor. Cukup dekatkan remote ke motor, maka mesin akan menyala.

Kemudahan penggunaan ini sangatlah penting, terutama di saat-saat yang mendesak, seperti saat hujan atau dalam kondisi macet. Dengan motor keyless, pengendara tidak perlu repot-repot mencari anak kunci dan memasukkannya ke lubang kunci.

2. Lebih Aman dari Pencurian dan Kejahatan

Motor keyless memiliki sistem keamanan yang lebih baik daripada motor konvensional. Sistem keamanan ini memanfaatkan teknologi immobilizer, yang akan mencegah motor dinyalakan oleh orang yang tidak memiliki remote asli.

Saat remote didekatkan ke motor, maka sistem immobilizer akan mencocokkan kode yang terdapat pada remote dengan kode yang tersimpan di motor. Jika kode cocok, maka mesin akan dapat dihidupkan. Sebaliknya, jika kode tidak cocok, maka mesin tidak akan dapat dihidupkan.

Sistem keamanan ini membuat motor keyless lebih sulit untuk dicuri. Bahkan, dengan teknologi immobilizer yang canggih, motor keyless tidak dapat dinyalakan meskipun anak kunci aslinya dicuri.

3. Solusi Kecerobohan Kunci Tertinggal

Dengan motor keyless, pengendara tidak perlu khawatir lagi kunci tertinggal di motor. Pasalnya, motor keyless tidak menggunakan anak kunci konvensional. Cukup bawa remote bersama Anda, maka Anda dapat menyalakan dan mematikan mesin motor.

Fitur ini sangatlah bermanfaat, terutama bagi pengendara yang sering lupa meletakkan kunci motor. Dengan motor keyless, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari kunci motor yang tertinggal.

4. Terlihat Lebih Mewah dari Sistem Kunci Biasa

Motor keyless memiliki tampilan yang lebih mewah daripada motor konvensional. Pasalnya, motor keyless tidak memiliki lubang kunci yang biasa terlihat di motor konvensional.

Tampilan yang lebih mewah ini tentu akan membuat motor Anda terlihat lebih stylish dan berkelas. Selain itu, motor keyless juga memiliki fitur tambahan yang dapat membuat motor Anda terlihat lebih modern dan canggih.

5. Adanya Fitur Tambahan

Selain fitur keamanan immobilizer, motor keyless juga dilengkapi dengan fitur tambahan lainnya, seperti:

  • Answer Back System : Fitur ini memungkinkan Anda untuk memanggil motor dari jarak jauh. Motor akan merespons dengan menyalakan lampu sein atau memberikan suara.
  • Remote Alarm : Fitur ini akan menyalakan alarm jika motor disentuh oleh orang yang tidak dikenal.
  • GPS Tracker : Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak keberadaan motor Anda dengan menggunakan smartphone.

Fitur-fitur tambahan ini dapat membuat motor Anda lebih praktis dan aman. Selain itu, fitur-fitur tambahan ini juga dapat menambah nilai jual motor Anda.

Itulah 5 keuntungan menggunakan motor keyless. Keuntungan-keuntungan ini tentu dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli motor keyless.

Tips Merawat Motor Keyless

Untuk menjaga performa motor keyless Anda, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Jaga kebersihan remote : Remote motor keyless rentan terhadap air dan debu. Oleh karena itu, pastikan remote selalu dalam keadaan bersih.
  • Hindari benturan keras : Remote motor keyless terbuat dari bahan plastik yang rentan terhadap benturan keras. Oleh karena itu, hindari benturan keras pada remote.
  • Ganti baterai remote secara berkala : Baterai remote motor keyless memiliki masa pakai yang terbatas. Oleh karena itu, ganti baterai remote secara berkala untuk menghindari kerusakan remote.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat menjaga performa motor keyless Anda agar tetap optimal.

Kira-kira mau beli motor keyless apa nih guys?

Coba cek harga-harganya dulu yuk di MoFE!

Baca artikel yang lainnya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait