MoFE Logo

Ketahui Aturan Razia Motor Knalpot Brong!

Ketahui Aturan Razia Motor Knalpot Brong!

Razia knalpot bising atau brong belakangan gencar digelar polisi di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat yang merasa terganggu dengan suara knalpot bising yang kerap terdengar di jalan raya.

Berdasarkan data Korlantas Polri, selama satu pekan di awal Januari 2024, sebanyak 430 ribu knalpot bising atau brong telah disita polisi di seluruh Indonesia. Razia knalpot bising dilakukan di berbagai wilayah, mulai dari perkotaan hingga pedesaan.

Di Tangerang, Banten, misalnya, Polres Metro Tangerang Kota telah menindak puluhan hingga total ratusan pengendara motor yang menggunakan knalpot bising hingga hari ini. Razia dilakukan di berbagai ruas jalan, seperti Jalan Daan Mogot, Jalan Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto.

Pengendara yang kedapatan menggunakan knalpot bising akan dikenakan sanksi berupa tilang dan penyitaan knalpot. Selain itu, pengendara juga dapat dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

Penggunaan knalpot bising tidak hanya mengganggu kenyamanan masyarakat, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan pengendara. Suara knalpot bising dapat membuat pengendara lain sulit fokus dan konsentrasi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Monumen Ikan Bandeng dari Knalpot Brong Sitaan Polresta Pati

Saking banyaknya yang terjaring razia knalpot bising atau brong, di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kini memiliki ikon baru yang unik dan menarik. Yakni monumen berbentuk ikan bandeng. Lalu apa hubungannya? Monumen ini terbuat dari ribuan knalpot brong sitaan polisi.

Bandeng raksasa ini diresmikan pada tanggal 14 Januari 2024 oleh Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama. Monumen ini terletak di bundaran air mancur sebelah barat Alun-alun Pati.

Panjang 11,5 meter dan tinggi 2 meter monumen ini terbuat dari 4.031 knalpot brong yang merupakan hasil razia Satlantas Polresta Pati selama empat bulan terakhir.

Terus kenapa bandeng? Ikan ini merupakan hewan yang jadi produk unggulan di Pati. Ikan bandeng juga merupakan salah satu komoditas perikanan yang paling banyak dibudidayakan di Pati.

Kerugian Menggunakan Knalpot Bising atau Knalpot Brong

Knalpot ini sering digunakan oleh para pengendara motor untuk meningkatkan performa mesin atau sekadar untuk gaya. Namun, penggunaan knalpot bising atau knalpot brong memiliki beberapa kerugian, baik bagi pengendara itu sendiri maupun lingkungan sekitar.

  • Menganggu kenyamanan pengendara lain. Suara knalpot bising atau knalpot brong dapat mengganggu kenyamanan pengendara lain, terutama saat berkendara di area yang padat penduduk. Hal ini dapat menyebabkan pengendara lain merasa stres, kaget, atau bahkan marah.
  • Meningkatkan risiko kecelakaan. Suara knalpot bising atau knalpot brong dapat membuat pengendara lain sulit mendengar suara klakson atau peringatan lainnya. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama saat berkendara di kondisi yang ramai atau minim penerangan.
  • Mengurangi performa mesin. Knalpot bising atau knalpot brong yang tidak sesuai dengan mesin dapat menyebabkan performa mesin menurun. Hal ini disebabkan karena knalpot bising atau knalpot brong dapat mengganggu aliran gas buang dari mesin.
  • Meningkatkan polusi udara. Knalpot bising atau knalpot brong dapat mengeluarkan gas buang yang lebih banyak dan lebih polutif dibandingkan knalpot standar. Hal ini disebabkan karena knalpot bising atau knalpot brong tidak dilengkapi dengan catalytic converter yang berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang.
  • Mengganggu kenyamanan warga. Suara knalpot bising atau knalpot brong dapat mengganggu kenyamanan warga, terutama saat berkendara di area pemukiman. Hal ini dapat menyebabkan warga merasa stres, kaget, atau bahkan marah.
  • Meningkatkan risiko kesehatan. Gas buang dari knalpot bising atau knalpot brong dapat berbahaya bagi kesehatan manusia, terutama bagi anak-anak dan orang tua. Gas buang ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti asma, iritasi mata, dan kanker.

Aturan yang mengatur penggunaan knalpot bising

Penggunaan knalpot bising atau knalpot brong diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Peraturan ini menetapkan bahwa tingkat kebisingan knalpot kendaraan bermotor tidak boleh melebihi 83 desibel.

Selain itu, penggunaan knalpot bising atau knalpot brong juga dapat dikenakan sanksi hukum. Berdasarkan Pasal 285 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengendara yang menggunakan kendaraan dengan knalpot tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dapat dikenakan sanksi berupa denda paling banyak Rp 250.000,00 atau pidana kurungan paling lama 1 bulan.

Sekrang sudah Anda ketahui tentang aturan razia motor knalpot brong. Gimana kalau beli motor bekas standar aja yuk, biar gak kena razia.

Coba lihat-lihat dulu pilihannya di MoFE ya!

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait