MoFE Logo

5 Kesalahan Pengguna Motor Aerox Sering Dijumpa

5 Kesalahan Pengguna Motor Aerox Sering Dijumpa!

Yamaha Aerox 155 VVA merupakan salah satu motor matik premium yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Motor ini memiliki desain yang sporty dan performa yang kencang. Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, Aerox juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah seringnya para penggunanya melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan pada motor.

Berikut adalah 5 kesalahan para pengguna motor Aerox yang sering dijumpa:

1. Modifikasi berlebih tanpa memperhitungkan kelistrikan

Modifikasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan performa dan tampilan motor. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, modifikasi dapat menyebabkan kerusakan pada kelistrikan motor. Hal ini karena modifikasi yang tidak sesuai dengan standar pabrik dapat menyebabkan arus listrik menjadi tidak stabil.

Salah satu contoh kesalahan modifikasi yang dapat menyebabkan kerusakan kelistrikan adalah pemasangan lampu HID yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Lampu HID membutuhkan arus listrik yang lebih besar daripada lampu standar. Jika pemasangannya tidak tepat, maka dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan pada sistem kelistrikan motor.

2. Parkir di bawah sinar matahari sehingga speedometer sunburn

Speedometer adalah salah satu komponen penting pada motor. Komponen ini berfungsi untuk menampilkan informasi penting tentang kondisi motor, seperti kecepatan, jarak tempuh, dan sisa bahan bakar.

Speedometer Aerox terbuat dari bahan plastik yang rentan terhadap paparan sinar matahari. Jika diparkir di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, maka speedometer dapat mengalami kerusakan, seperti sunburn atau bahkan pecah.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya motor Aerox diparkir di tempat yang teduh atau tertutup. Jika terpaksa harus diparkir di bawah sinar matahari, maka sebaiknya motor ditutupi dengan kain atau terpal.

3. Tidak rutin servis

Servis rutin adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk menjaga performa dan kondisi motor. Servis rutin meliputi penggantian oli, pengecekan komponen mesin, dan pembersihan komponen motor.

Jika tidak dilakukan servis rutin, maka komponen motor dapat mengalami kerusakan lebih cepat. Selain itu, performa motor juga akan menurun.

4. Membawa beban berlebihan

Kesalahan para pengguna motor Aerox yang sering dijumpa salah satunya adalah membawa beban berlebihan.

Biasanya model motor bebek atau model sport punya rangka dan suspensi yang lebih kuat untuk bawa beban berat. Kamu bisa lihat Supra yang dimodifikasi untuk antar galon, kuat kan? Tidak seperti rangka motor matic yang tidak terlalu kuat, Aerox misalnya.

Aerox memiliki kapasitas beban maksimal 150 kg. Jika membawa beban yang melebihi kapasitas tersebut, maka dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan suspensi motor.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya jangan membawa beban yang melebihi kapasitas maksimal motor. Jika terpaksa harus membawa beban yang berat, maka sebaiknya dilakukan secara perlahan dan hati-hati.

5. Mengganti komponen-komponen aftermarket yang tidak berkualitas

Penggunaan komponen-komponen aftermarket yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kerusakan pada motor Aerox. Hal ini karena komponen-komponen tersebut tidak dirancang sesuai dengan spesifikasi motor.

Salah satu contoh kesalahan penggantian komponen aftermarket yang dapat menyebabkan kerusakan adalah pemasangan knalpot aftermarket yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Knalpot aftermarket yang tidak sesuai dapat menyebabkan mesin menjadi overheat dan bahkan rusak.

Pastikan keaslian sparepartnya, karena meskipun kamu membeli tipe yang sama untuk Yamaha, tapi terkadang masih bisa palsu. Hal ini tentu sangat merugikan dan dapat menyebabkan kerusakan pada motor bahkan kecelakaan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya gunakan komponen-komponen aftermarket yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor, serta pastikan keasliannya. Komponen-komponen aftermarket yang berkualitas biasanya memiliki sertifikat atau garansi.

Itulah 5 kesalahan para pengguna motor Aerox yang perlu dihindari. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, maka motor Aerox dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menjaga performa dan kondisi motor Aerox:

  • Gunakan bahan bakar yang berkualitas.
  • Gunakan oli mesin dan oli samping sesuai dengan spesifikasi motor.
  • Bersihkan motor secara rutin.
  • Lakukan pengecekan kondisi motor secara berkala.

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait