MoFE Logo

Kenapa Motor Sekarang Tidak Punya Kick Starter?

Kenapa motor sekarang tidak punya kick starter mungkin jadi pertanyaan hanya sedikit orang terbesit. Hal ini bisa jadi karena sedikit orang juga yang sadar kalau motor sekarang memang sudah tidak disematkan komponen untuk mengengkol mesin tersebut.

Kick starter sendiri salah satu fitur penting pada motor, terutama motor bebek dan sport. Fitur ini berfungsi untuk menyalakan mesin motor secara manual, jika aki motor lemah atau mati. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak motor baru yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Lantas, apa alasan di balik hal ini?

Dan bagaimana jika aki rusak atau mati?

Alasan Teknis

Alasan utama mengapa motor sekarang tidak punya kick starter adalah karena bisa dibilang tren dan kemajuan teknologi. Motor-motor baru saat ini sudah menggunakan teknologi starter elektrik yang lebih praktis dan efisien.

Starter elektrik bekerja dengan cara memutar poros engkol mesin menggunakan motor listrik. Sistem ini jauh lebih mudah dan nyaman digunakan, apabila kita bandingkan dengan kick starter yang membutuhkan tenaga manusia untuk memutar poros engkol.

Selain itu, kick starter juga membutuhkan beberapa komponen tambahan, seperti rantai, sproket, dan tuas engkol. Komponen-komponen ini menambah bobot motor dan meningkatkan biaya produksi.

Alasan tersebut bisa merupakan kemungkianan kenapa produsen motor lebih memilih untuk menghilangkan kick starter, yakni untuk mengurangi bobot dan biaya produksi motor.

Alasan Konsumen

Selain alasan teknis, ada juga alasan konsumen yang membuat produsen motor menghilangkan kick starter. Survei yang dilakukan oleh produsen motor dalam statementnya mereka menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen tidak membutuhkan kick starter.

Hal ini karena konsumen sudah terbiasa menggunakan starter elektrik dan menganggap kick starter sebagai fitur yang tidak penting.

Selain itu, kick starter juga dianggap kurang praktis dan efisien alias ribet. Kick starter membutuhkan tenaga manusia untuk memutar poros engkol, yang bisa melelahkan dan memakan waktu.

Starter elektrik, di sisi lain, bisa menyalakan mesin motor dengan cepat dan mudah, bahkan saat aki motor sudah lemah.

Dampak Eliminasi Kick Starter

Eliminasi kick starter memiliki beberapa dampak bagi pengguna motor. Dampak positifnya adalah motor menjadi lebih praktis dan efisien, serta bobotnya menjadi lebih ringan.

Namun, ada juga dampak negatifnya, yaitu pengguna motor menjadi lebih tergantung pada aki. Jika aki motor lemah atau mati, motor tidak bisa dihidupkan.

Motor Sekarang Sudah Memiliki Notifikasi Aki

Sempat muncul pertanyaan lain, jika aki dalam kondisi mati berarti motor tidak bisa dinyalakan dong! Beruntungnya ketakutan ini sedikit terjawab dengan fitur notifikasi aki yang bisa menjadi peringatan ke pengendara untuk segera mengecek atau mengganti aki yang bermasalah.

Motor sekarang sudah memiliki notifikasi aki juga jadi alasan pendukung kenapa motor sekarang tidak punya kick starter . Notifikasi ini biasanya berupa lampu indikator di panel instrumen yang akan menyala jika aki motor lemah. Sekali lagi dengan adanya notifikasi ini, konsumen bisa mengetahui kondisi aki motor dan segera menggantinya jika perlu.

Kick Starter yang Jarang Digunakan Bisa Menjadi Keras

Kick starter yang jarang digunakan bisa menjadi keras dan sulit diputar. Hal ini karena komponen-komponen dalam kick starter seperti rantai, sproket, dan tuas engkol bisa berkarat dan aus. Akibatnya, kick starter akan membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk diputar.

Bahkan jika dipaksakan tak jarang ditemukan kasus kick starter rusak, patah, bahkan bisa merusak ke komponen lain di sekitarnya

Kesimpulan

Eliminasi kick starter merupakan tren yang semakin umum terjadi pada motor-motor baru. Tren ini disebabkan oleh kemajuan teknologi dan perubahan kebutuhan konsumen. Meskipun memiliki beberapa dampak negatif, eliminasi kick starter juga memiliki beberapa dampak positif.

Tapi kalau Anda sendiri lebih suka ada kick starter atau tidak?

Oh ya kalau sedang cari motor bekas dengan kualitas dan harga terjangkau, silakan cek MoFE ya!

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait