MoFE Logo

Kapan Harus Ganti Oli Motor Agar Mesin Awet?

Hai MoFriends, kita wajib banget buat ganti oli motor agar mesin awet. Karena oli motor merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor. Oli motor berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, dan melindungi mesin dari gesekan.

Oleh karena itu, mengganti oli motor secara rutin adalah hal yang sangat penting untuk menjaga performa dan umur mesin.

Berapa KM Harus Ganti Oli Motor?

Secara umum, oli motor harus diganti setiap 2.000-4.000 kilometer atau setiap 2-6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Namun, jadwal penggantian oli motor juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti:

  • Jenis motor: Motor dengan jenis mesin yang berbeda memiliki kebutuhan oli yang berbeda pula.
  • Gaya berkendara: Motor yang sering digunakan untuk berkendara di medan berat atau dengan kecepatan tinggi membutuhkan penggantian oli yang lebih sering
  • Kondisi lingkungan: Motor yang sering digunakan di daerah dengan suhu tinggi atau berdebu membutuhkan penggantian oli yang lebih sering.

Tanda-Tanda Oli Motor Harus Diganti

Selain berdasarkan jarak tempuh dan faktor-faktor di atas, kalian juga dapat mengganti oli motor jika melihat tanda-tanda berikut ini:

  • Oli berwarna hitam pekat dan encer: Oli yang berwarna hitam pekat dan encer menandakan bahwa oli sudah tidak berfungsi dengan baik.
  • Kurang volume oli mesin: Oli mesin akan berkurang volumenya seiring dengan pemakaian. Jika volume oli mesin berkurang drastis, segeralah ganti oli.
  • Suhu mesin terasa tinggi: Oli mesin yang sudah tidak bagus akan membuat daya hantar panasnya semakin berkurang. Hal ini dapat menyebabkan suhu mesin terasa tinggi.

Tips Mengganti Oli Motor

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengganti oli motor di bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Berikut ini adalah beberapa tips mengganti oli motor yang perlu kalian ketahui:

  • Periksa buku manual motor: Sebelum mengganti oli, sebaiknya terlebih dahulu memeriksa buku manual motor untuk mengetahui rekomendasi dari pabrikan.
  • Pilih oli yang tepat: Oli motor tersedia dalam berbagai jenis dan spesifikasi. Pilihlah oli yang sesuai dengan jenis motor dan kebutuhan.
  • Bersihkan filter oli: Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran dari oli. Sebaiknya juga mengganti filter oli setiap kali mengganti oli.
  • Dengan mengganti oli motor secara rutin, hal ini dapat menjaga performa dan umur mesin motor agar tetap prima.

Alasan lain kenapa kita harus rutin ganti oli adalah, agar motor kita memiliki mesin terawat sehingga harga jualnya tidak jatuh lebih rendah dari harga pasaran.

Memangnya berapa sih harga pasaran motor saat ini? Jawabannya adalah tergantung jenis dan mereknya!

Kalian bisa lho coba cek harga motor kalian di MoFE!

Baca artikel lainnya ya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait