MoFE Logo

Jangan Modifikasi Motor Kalau Mau Dijual Lagi!

Jangan modifikasi motor kalau mau dijual lagi! Sebelum kita jawab kenapa, mari kita bahas dan tarik mundur dulu.

Jadi ingat pas punya motor pertama kali, waktu itu motor bebek Shogun yang dibeli bekas pada tahun 2010-an. Waktu itu saya yang baru dibelikan motor pertama kali rasanya langsung gatel ingin melakukan modifikasi pada motor tersebut. Berhubung dana pelajar, modifikasi yang dilakukan kala itu hanya sebatas ganti knalpot brong murahan dan sedikit stiker ala racing.

Tapi ya gitu deh! Orang tua pasti bete kalau kita modifikasi motor. Karena gak bisa dipungkiri, ada fakta yang tak terbantahkan: modifikasi bisa membuat harga jual kendaraan turun. Mari kita lihat lebih dalam mengapa hal ini terjadi.

Mengapa Modifikasi Motor Dapat Menurunkan Harga Jualnya?

Ada beberapa penyebab harga jual motor bekas bisa jatuh, salah satunya adalah modifikasi. Modifikasi motor, walaupun dapat memberikan tampilan yang lebih menarik, seringkali meninggalkan beberapa potensi masalah yang membuat harga jualnya tergerus. Berikut beberapa alasan kenapa jangan modifikasi motor kalau mau dijual lagi:

Sering Tidak Sesuai Standar

Seringkali, modifikasi dilakukan tanpa mempertimbangkan standar keamanan dan kualitas yang telah ditetapkan oleh pabrikan. Contohnya gini, knalpot motor yang seharusnya menggunakan bawaan pabrik diganti menjadi knalpot racing yang begitu bising. Akibatnya, motor tersebut menjadi kurang aman atau kurang nyaman untuk digunakan, mengingat perubahan yang dilakukan mungkin tidak sesuai dengan spesifikasi awalnya dan menyalahi standar yang ada dalam berlalu lintas.

Peminat yang Terbatas

Gak semua selera modifikasinya kaya yang kamu pilih! Pun kamu habiskan puluhan juta untuk modifikasi motor, tetap aja belum tentu berarti apa-apa bagi orang lain. Intinya keterbatasan pasar juga menjadi faktor yang perlu diperhitungkan dalam konteks modifikasi motor. Pasar untuk motor yang dimodifikasi cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan motor standar. Keterbatasan ini membuat dealer enggan untuk membeli motor modifikasi karena risiko ketidakmampuan menjualnya kembali dengan harga yang memadai.

Banyak Part Original Diganti

Selama proses modifikasi, banyak bagian asli dari motor diganti dengan aftermarket parts. Meskipun beberapa penggantian ini mungkin meningkatkan performa atau estetika motor, namun, penggantian komponen-komponen tersebut bisa mengurangi nilai jual motor karena kehilangan keaslian dan kualitas dari bagian-bagian asli. Ini sih yang agak bikin miris, karena gak semua sparepart non original itu murah, ada juga yang lebih mahal dari sparepart yang original. Sayangnya pasar umum kemungkinan akan memukul rata motor modifikasi. Secara motor bekas ditentukan harganya berdasarkan kondisinya, dan salah satu penilaiannya adalah ke”original”an sparepart yang dipakai. Kalau gak original ya itu jadi poin minus harga motor bekas tersebut.

Potensi Kerusakan

Salah satu risiko yang mungkin dihadapi oleh pemilik motor yang melakukan modifikasi adalah potensi kerusakan yang ditimbulkannya. Beberapa modifikasi dapat meningkatkan risiko kerusakan pada motor, seperti peningkatan performa mesin yang tidak terkontrol, penambahan berat yang berlebihan, atau perubahan struktur yang dapat merusak kestabilan dan keamanan motor secara keseluruhan. Jadinya orang bikin mikir berkali-kali buat beli motor bekas yang sudah dimodifikasi, ini juga yang bikin permintaan pasar rendah.

Risiko Biaya Pemeliharaan

Poin lain yang bikin orang kurang minat sama motor modifikasi adalah risiko biaya pemeliharaan yang meningkat sebagai akibat dari modifikasi. Komponen-komponen yang dimodifikasi mungkin memerlukan perawatan khusus atau perawatan lebih sering. Misal kaya velg tertentu dengan cat yang perlu perlakukan spesial. Yang pada akhirnya akan meningkatkan biaya pemeliharaan secara keseluruhan bagi pemilik motor.

Sudah Tau Cek Harga Jual Motor?

Sebelum kamu memutuskan untuk menjual motor kamu, sangat penting untuk memiliki perkiraan harga jual yang akurat. Mengapa? Karena mengetahui nilai sebenarnya dari motor kamu akan membantu kamu menghindari menjualnya dengan harga yang terlalu rendah atau bahkan merugi.

Di MoFE sendiri kita punya fitur untuk melakukan pengecekan perkiraan harga jual sepeda motor.

Langkah cek harga pasaran motor di MoFE:

  • Buka situs MoFE www.mofe.co.id
  • di sisi kanan ada kolom “Jual/Cek Harga Motor”
  • Isi sesuai dengan motor yang ingin diketahui
  • Nanti akan muncul perkiraan harga jual sepeda motor berdasarkan kategori yang sudah ditentukan

Tapi ingat ya, harga ini bukan harga pasti melainkan harga estimasi yang bisa menjadi patokan saat menjual motor kamu nantinya.

Modifikasi Tidak Selalu Membuat Harga Jual Motor Turun

Sebaiknya kalian jangan melakukan modifikasi motor kalau memang ada niat untuk dijual lagi. Atau sekalian aja custom motornya biar jadi motor yang premium seperti motor-motor di Deus Ex Machina.

Meskipun modifikasi seringkali dikaitkan dengan penurunan harga jual motor, terdapat beberapa kasus di mana hal ini tidak terjadi. Beberapa situasi di mana modifikasi tidak mengurangi harga jual motor meliputi:

Pasar Khusus

Motor yang telah dimodifikasi dengan baik dapat menarik minat dari pasar khusus, seperti komunitas penggemar modifikasi tertentu. Dalam kasus ini, harga jual motor dapat tetap stabil atau bahkan meningkat karena adanya permintaan yang tinggi dari kalangan tersebut. Para penggemar modifikasi seringkali bersedia membayar lebih untuk mendapatkan motor yang unik dan sesuai dengan preferensi mereka.

Motor Koleksi

Ketika sebuah motor yang modifikasi dianggap sebagai bagian dari koleksi yang langka dan dicari oleh para penggemar, harga jualnya dapat tetap tinggi atau bahkan naik seiring dengan berjalannya waktu. Contoh yang ada di sekitar kaya RX-King yang cukup diburu banyak orang karena historynya. Nah, walau sudah ada beberapa bagian yang sudah dimodifikasi, para kolektor masih memungkinkan untuk membelinya dengan harga yang masih oke.

Dijual dengan Sparepart Original

Salah satu strategi untuk mempertahankan nilai jual motor modifikasi adalah dengan menyimpan bagian original dan memasangnya kembali ketika akan dijual. Ketika motor dijual dengan beberapa komponen original yang telah dipertahankan, hal ini dapat meningkatkan nilai jualnya karena memberikan jaminan atas keaslian dan kualitasnya. Sayangnya sih kebanyakan teman-teman yang melakukan modifikasi motornya menjual sparepart original guna mendapatkan dana tambahan untuk membeli sparepart untuk modifikasi.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Modifikasi Motor

Sebelum kamu memutuskan untuk memodifikasi motor kamu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Menimbang segala aspek ini dengan cermat akan membantu kamu mengambil keputusan yang tepat dan menghindari penyesalan di kemudian hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai proses modifikasi:

Tujuan Modifikasi yang Jelas

Pertama-tama, tentukan dengan jelas tujuan modifikasi kamu. Apakah kamu ingin meningkatkan performa motor untuk keperluan balap, ataukah kamu lebih tertarik untuk merubah tampilan motor agar lebih estetis? Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu dapat fokus pada modifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Kualitas dan Keamanan

Ketika melakukan modifikasi, pastikan untuk selalu memperhatikan kualitas dan keamanan. Gunakan hanya komponen yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan. Hindari mengorbankan keamanan hanya demi penampilan atau performa yang lebih baik. Konsultasikan dengan mekanik atau ahli modifikasi untuk memastikan bahwa semua perubahan yang dilakukan aman dan sesuai dengan aturan.

Dampak Finansial yang Terukur

Modifikasi motor tidak hanya mengeluarkan biaya awal untuk membeli komponen modifikasi, tetapi juga memerlukan biaya tambahan untuk pemeliharaan dan perawatan di masa depan. Pertimbangkan secara matang tentang seberapa besar biaya yang akan kamu keluarkan dan apakah kamu mampu membiayainya dalam jangka panjang. Selalu sedia untuk menghadapi kemungkinan biaya tambahan yang mungkin timbul akibat modifikasi.

Perencanaan yang Matang

Sebelum memulai proses modifikasi, buatlah rencana yang matang tentang semua perubahan yang akan dilakukan. Tentukan urutan modifikasi yang optimal dan pastikan untuk mengatur anggaran dengan baik. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan, tetapi ambillah waktu untuk merencanakan setiap langkah dengan seksama.

Ingatlah bahwa modifikasi motor bukanlah suatu keputusan yang sepele, tetapi merupakan investasi yang memerlukan pertimbangan matang untuk mencapai hasil yang optimal.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait