MoFE Logo

Istilah Jual Beli Motor yang Wajib Diketahui Tahun 2023

Sebelum jual beli motor bekas, ada istilah-istilah jual beli motor bekas yang sering dipakai online. Jangan sampai keliru atau tertipu karena tidak tahu sistem penjualan di forum-forum online. Bisa jadi, pembeli tidak jadi karena pembeli tidak update dan tidak se-frekuensi. Setidaknya ada beberapa istilah yang harus tahu arti istilah jual beli motor bekas kamu lewat online sebelum transaksi berjalan.

Istilah Jual Beli Motor Bodong

Mengenal Arti Istilah Jual Beli Motor Bekas

1. Istilah Yp (Yatim Piatu) / Np (No Paper) / go green / Selendangan

Mengenal istilah dari penjual motor tidak memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap. Istilah Yatim piatu berarti tidak memiliki kedua ortu atau dalam kondisi ini kedua surat BPKB dan STNK. 

Istilah lain seperti Fp atau full paper artinya surat-surat motor lengkap. Berlaku juga sebaliknya, Np dan go green juga maksudnya tidak ada surat-surat juga dengan iming-iming ramah lingkungan. 

Motor Selendangan ialah motor bodong yang surat-suratnya dipalsukan datanya. Disarankan untuk tidak membeli apabila surat tidak lengkap karena rawan motor bodong, gagal bayar kredit hingga hasil curian.

Istilah Jual Beli Motor STNK

2. Istilah Jual Beli Stnk only/ Bpkb only

Motor yang di listing ini menandakan surat-surat hanya tersedia STNK saja atau BPKB saja. Buat beli motor yang seperti ini boleh tetapi harus waspada dan hati-hati perhatikan langkah-langkah ini sebelum beli motor bekas terdekat kamu dibawah ini.

Istilah Jual Beli Motor Bodi Motor

3. Istilah Spec (Spesifikasi) / Pln normal / mulus

Mengenal istilah yang ini adalah penjelasan spesifikasi suatu motor. Spec atau spesifikasi sesuai dengan namanya. Sedangkan Pln normal artinya kelistrikan motor normal tidak ada kerusakan pada aki, lampu, dan semua yang berkaitan dengan kelistrikannya. Berlaku kebalikannya apabila Pln off artinya kelistrikannya ada masalah, sebaiknya hindari motor dengan tanda ini. Mulus artinya kondisi bodi motor masih baik tidak ada kerusakan. Ini juga pertanda bagus untuk pilihan beli motornya.

4. Istilah Mahar / Nepis (Nego tipis) / Net / Cod

Istilah jual beli ini ke tahap transaksi saat jual beli motor bekas kamu. Mahar artinya harga sepakat pada yang jualan dan pembeli. Nepis atau nego tipis adalah penjual bersedia negosiasi harga apabila sesuai. Net adalah penjual yang tidak mau negosiasi harga alias harga pas. Cod atau Cash on Delivery artinya bisa melakukan transaksi dengan cash saat ketemuan dengan penjual dan pembeli. 

Perhatikan cara-cara negosiasi harga agar dapat harga yang adil lengkapnya di artikel ini.

Istilah Jual Beli Motor Dealer

5. A.P.C motor company wild card

Arti istilah ini sering sebagai sebutan untuk dealer motor. A.P.C motor company artinya  Dealer yang memiliki showroom yang menjual berbagai jenis motor. Baik berbagai merek motor Jepang dan Eropa serta kondisi motor baru atau bekas di dalam showroomnya

Beberapa adalah istilah yang cukup ramai dan sering dibahas di forum atau pasar jual beli motor bekas. Setelah ini semoga lebih tahu dan lebih paham agar lebih mudah mencari motor bekas untuk kamu dan tidak ada penyesalan setelah transaksi!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait