MoFE Logo

Ingat Yamaha Aerox 125? Keganti jadi Aerox 155

Yamaha Aerox 125 sebenarnya adalah generasi ketiga dari lineup Yamaha Aerox dari Yamaha tetapi adalah motor Aerox pertama kali yang masuk Indonesia.

Launching Motor Yamaha Aerox 125 tidak main-main dengan tagline “Life is a Race“, peluncuran dilakukan di Sirkuit Sentul, Bogor menggandeng brand sporty racing dan MotoGP.

Peluncuran tersebut bersamaan dengan diraihnya Triple Crown oleh Yamaha pada MotoGP 2016. Juga dalam Iklan banyak ada Pembalap Moto GP Yamaha seperti Valentino Rossi.

Yamaha Aerox

Namanya juga ada singkatan dari Aero artinya aerodinamis, X dari Extreme dan LC kependekan dari Liquid Cooled atau Pendinginan Cairan. Lekat dengan brand MotoGP.

Aerox 125 LC ada tiga keunikan yaitu desain racing, performa tinggi (top performance) dan manuver yang lincah. Ini jadi pesan pemotor untuk motor Aerox generasi ke-3 ini. 

Motor ini memiliki tiga karakter unik, yakni bergaya balap (racing style), ber performa maksimal (top performance), dan manuver yang lincah (agile maneuver).

Tetapi sayangnya Aerox 125 tidak lama di Indonesia dan keburu di suntik mati oleh Yamaha dan tergantikan dengan Aerox 155. 

Kami akan coba menggali lebih dalam generasi Aerox 125 yang tidak laku di Indonesia dan perubahannya juga masih bisa membeli Motor Aerox 125 bekas. 

Kenali Yamaha Aerox 125 Generasinya dan Perubahannya

Aerox sebenarnya sudah dari tahun 1997 berawal dari Aerox 50cc dan 100cc di pasar Eropa untuk entry level skutik. 

Pada waktu itu, Persaingan antara Honda dan Yamaha menggila dengan Yamaha meluncurkan brand Aerox di Pasar ASEAN.

Yamaha Aerox bermesin 125cc untuk saingan di pasar premium sporty matic yaitu Vario 125 (Air Blade di Thailand dan Vietnam).

Saat itu pesaingnya adalah Honda Vario 125 dan cara bersaingnya rilis motor Aerox 125 dengan fitur yang bisa menandingi Honda. 

Berbagai fiturnya adalah Headlamp sudah LED, ukuran bagasi yang besar, fitur side stand switch, hand brake, dan sampai smart key shutter.

Dilengkapi mesin 125cc Liquid cooled SOHC, 4-tak matik ini bertenaga  11,2 HP pada 9000 dan torsi menyentuh 10,4 Nm di putaran mesin 6500 rpm.

Saat itu diutamakan performa maksimal menggunakan mesin 125cc tetapi belum terpasang mesin Yamaha Blue Core sehingga motor top performa tetapi tidak irit BBM.

Diberhentikan Produksi Aerox 125 diganti jadi Aerox 155

Yamaha Aerox

Penjualan Aerox 125 bermulai dari awal tahun 2016 dan sampai akhir tahun 2016. Masa hidup yang sebentar karena penjualan yang diprediksi tidak sesuai ekspektasi.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), terjual di bulan pertama sebanyak 5.738 unit. Namun pada Desember 2016, Aerox 125 terjual hanya sebanyak 17 unit.

Penyebabnya bisa banyak dan tidak bisa menyalahkan satu faktor saja. Bisa dari desain yang terlalu mencolok dan tidak digemari hingga motor yang tidak irit BBM. 

Tetapi yang pasti motor Aerox 125 tidak laku di pasaran buat pemotor Indonesia sehingga diputuskan untuk berhenti produksi di awal tahun 2017.

Cerita selanjutnya untuk lineup Yamaha Aerox akan dipasang mesin 155cc untuk motor Aerox selanjutnya

Sehingga Aerox memasuki kategori dan menemani Maxi Skuter Yamaha yaitu Yamaha NMAX. 

Yamaha Aerox

Mesin Yamaha Aerox 155cc SOHC, 4-tak, liquid cooled mampu menghasilkan tenaga 14,7 HP 8000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 6250 ribu rpm.

Penasaran Dengan Motor Yamaha Aerox 155 Bekas dan Harga Bekasnya? Cek Artikel ini!

Dengan desain sporty yang bermesin bertenaga kuat lebih cocok untuk dijadikan motor sporty untuk pemotor Indonesia. 

Terpasang teknologi VVA dan Blue Core membuat lebih bertenaga dan responsif satu sisi juga membantu motor irit sampai 40 km/liter.

Terpasang juga beragam fitur dari lampu LED depan-belakang, stand switch dengan smart lock, pengereman ABS, stop start system,USB charger point, dan panel digital. 

Yamaha Aerox terus mengalami inovasi fitur-fitur baru sampai tahun 2023 semakin canggih dengan Connected yang data motor termonitor secara real time

Masih Bisa Beli Yamaha Aerox 125 Bekas

Aerox 125

Yamaha Aerox 125 LC walau sudah tidak tersedia lagi di pasaran motor baru dari tahun 2017. Masih banyak tersedia di motor bekas dengan harga yang murah bahkan sampai 10 jutaan. 

Kalau mencari motor matic sporty yang desain yang cukup sporty dengan budget terbatas bisa cari motor bekas Aerox saja. Bisa ngebut dan juga handling yang bagus

Juga beli motor bekas Aerox 125 harus perhatikan kondisi dan jarak tempuh motornya agar beli bekas tidak terlalu rugi. 

Apabila budget bisa lebih maka bisa juga beli bekas motor Aerox 155 tahun 2017-an dengan berbagai pilihan. Kamu bisa temukan motor bekas Yamaha Aerox 155 di MoFE!

Kamu juga bisa temukan motor bekas Aerox 125 di MoFE juga. Semua motor yang dijual di MoFE dijual dengan harga yang pas dari Sistem Estimasi Harga MoFE AI.

Sistem Estimasi Harga MoFE berdasarkan kondisi, tahun, merk, jenis bahkan daerah motornya sehingga mendapatkan harga yang pas. 

Apabila kamu ada rencana jual motor Aerox 125 kamu online bisa di MoFE saja karena dipastikan terjual dengan harga pas dan tidak rugi.  Tunggu apalagi langsung saja ke MoFE!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait