MoFE Logo

Honda Scoopy atau Yamaha Fino? Berikut Alasan Mengapa Scoopy Lebih Unggul

motor matic honda scoopy

Jika kita mengulas motor matic bergaya retro, pasti tidak terlepas dari Honda Scoopy dan Yamaha Fino.

Yamaha Fino adalah sepeda motor matic dengan model desain klasik paling terkenal dari Yamaha yang diperkenalkan pada tahun 2012, dan tetap mempertahankan popularitasnya. Tetapi Yamaha Fino perlahan kehilangan reputasinya hingga Yamaha tidak lagi memperbarui desainnya sejak 2016.

motor matic yamaha fino

Mengapa orang membeli Yamaha Fino ?

Desain Retro yang Elegan

Alasan membeli Yamaha Fino pertama adalah desain retronya yang elegan. Bentuk bodi yang cenderung membulat, kaca spion bulat, dan speedometer bulat menjadikan Fino unik di antara motor berdesain sporty tajam seperti BeAT dan Mio.

Mesin bertenaga 125cc

Yamaha Fino dibekali dengan mesin 125cc SOHC satu silinder dan berteknologi blue core yang menghasilkan torsi hingga 9,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,52 PS pada 8.000 rpm. Ini lebih besar dari Honda Scoopy sebagai kompetitor yang masih mengandalkan mesin 110cc .

Harga yang terjangkau

Harga Yamaha Fino 125 lebih murah dari Scoopy. Di Jakarta, harga OTR Scoopy mulai dari Rp. 21.653.000 tetapi Fino 125 Sporty dan Premium harga OTR mulai dari Rp 20.150.000.

Mengapa Honda Scoopy adalah pilihan yang lebih bijak daripada Yamaha Fino ?

Scoopy dianggap sebagai pelopor pasar sepeda motor matic dengan desain retro

Scoopy diperkenalkan di pasar Indonesia mulai tahun 2010 dan menjadi pelopor pasar sepeda motor matic berdesain “Retro”. Karena Yamaha Fino diperkenalkan pada tahun 2012, konsumen menganggap Fino sebagai peniru Scoopy.

Harga jual kembali Scoopy yang tinggi

Pasokan Honda Scoopy selalu terbatas. Jika Anda ingin membelinya, perlu menunggu sekitar 3 bulan hingga 6 bulan untuk mendapatkan Scoopy yang terhitung sejak dirilis pada tahun 2010 hingga saat ini. Berkat popularitas tinggi Scoopy, Scoopy mempertahankan reputasi nilai jualnya yang tinggi. Scoopy adalah sepeda motor matic dengan hargai jual kembali No.1 dari penelitian yang dilakukan oleh MoFE. Di sisi lain, harga jual kembali Yamaha Fino cukup rendah dibandingkan Scoopy. Karena popularitasnya yang lebih rendah, dealer Yamaha harus mendorong untuk menjual Fino dengan diskon besar-besaran.

Desain baru Scoopy

Scoopy secara berkala memperbarui desainnya, Desain baru Honda Scoopy tetap mempertahankan desain retro klasiknya namun memperbarui desainnya dengan sedikit desain modern. Hal ini membuat Scoopy selalu terlihat baru namun tetap klasik. Di sisi lain, Yamaha tidak memperbarui desain Fino sejak 2016. Hal ini menurunkan harga jual kembali Fino.

desain baru honda scoopy

Namun, pilihan untuk membeli motor ada di tangan Anda. Setiap orang memiliki pertimbangan, preferensi, anggaran, serta kebutuhan masing – masing. Sebelum Anda membeli honda Scoopy atau Yamaha Fino, Silahkan cek harga pasar di MoFE. Ini akan membantu Anda memutuskan mana yang terbaik.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait