MoFE Logo

Honda ADV160, Raja Skuter Matic Adventure

honda adv160 raja skuter matic adventure

MoFE – Honda ADV160 menjadi salah satu skuter matic dari Honda yang menyasar pecinta petualangan dengan desain yang tangguh dan performa yang andal. Dilengkapi dengan mesin 160cc yang bertenaga, Honda ADV160 mampu menempuh perjalanan jauh dengan mudah, bahkan di medan berat sekalipun. Tampilan yang sporty dan gagah membuat Honda ADV160 menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin tampil beda saat menjelajahi jalanan. Mulai sekitar tahun 2016, segmen sepeda motor adventure menjadi populer dan banyak model baru yang dirilis seperti Honda Africa Twin, Yamaha Tenere, dan Ducati Desert X. Bahkan Harley Davidson merilis Pan America.

honda africa twin
Honda NXR750

Ledakan Sepeda Motor Adventure pada Tahun 1980-an

Pada tahun 1980, Rally Dakar menjadi salah satu ajang olahraga motor yang terkenal. Mulai dari produsen truk hingga produsen sepeda motor bergabung dalam Rally Dakar, untuk membuktikan daya tahan dan kemampuan mesin mereka. BMW R80G/S memicu lahirnya ledakan sepeda motor adventure yang memenangkan Paris – Rally Dakar selama 3 tahun berturut-turut. Honda merilis Africa Twin pada tahun 1988 sebagai replika dari NXR750 dan Yamaha juga merilis XTZ750 SuperTénéré. Setelah 30 tahun, ledakan sepeda motor adventure kembali marak dan bahkan merambah segmen skuter. Skuter matic adventure menjadi tren.

X-ADV dan ADV160 adalah Pelopor Skuter Adventure

Di segmen skuter, Yamaha X-ride mengadopsi citarasa petualangan namun konsep dasarnya adalah untuk penggunaan kota. Namun, tidak ada skuter adventure yang sesungguhnya di pasaran hingga pada akhirnya Honda merilis X-ADV pada tahun 2017. X-ADV diperkenalkan di pasar Eropa untuk para pengendara yang ingin merasakan perjalanan yang nyaman seperti skuter tetapi dengan sensasi adventure. Sebagai konsep sepeda motor yang unik, X-ADV menjadi skuter terlaris di pasar Eropa. Dan Honda memutuskan untuk memperluas konsepnya dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.

new honda adv160
Honda ADV160

Debut Mengesankan ADV150 (kini ADV160) di Pasar Indonesia

Di pasar Indonesia, segmen motor adventure dan offroad semakin banyak penggemarnya mengikuti tren global, dan pengenalan Honda CRF150L mempercepat popularitas segmen tersebut. Di segmen skuter, Yamaha X-Ride mengadopsi rasa petualangan tetapi konsep dasarnya masih sebagai kendaraan perkotaan. Setelah mengakui kesuksesan global X-ADV, Honda memutuskan untuk memperluas konsepnya, dan Astra Honda Motor meluncurkan ADV150 pada tahun 2019 dengan debut yang mengesankan. Sebelum hadirnya ADV150, segmen skuter premium didominasi oleh skuter dengan rasa elegan dan besar seperti Honda PCX dan Yamaha NMAX. Pada tahun 2022, ADV150 mendapatkan mesin yang lebih besar dan menjadi Honda ADV160.

Apa yang membuat Honda ADV160 terkesan sebagai motor adventure

ADV160 juga memiliki rangka model “underbone” seperti skuter lainnya tetapi memiliki rangka “duplex-cradle” yang hampir seperti sepeda motor non-skuter, dengan rangka pada bagian atas yang terhubung dengan rangka bagian bawah. Ini menciptakan sensasi berkendara yang rigid yang berkontribusi pada kelincahan berkendara baik di jalan raya maupun off-road dengan sedikit pengorbanan kenyamanan dan berat. Windscreen yang dapat disesuaikan meningkatkan kenyamanan saat berkendara. HSTC (Honda Selectable Torque Control) memungkinkan pengendara untuk mempertahankan torsi pada jalan beraspal dan jalan berbatu. Selain itu, desainnya yang diwarisi dari X-ADV memberikan kesan kuat sebagai skuter petualangan yang unik.

Berkat popularitasnya, Anda harus rela menunggu (inden) untuk membeli ADV160 baru. Tetapi Anda dapat menemukan ADV160 bekas di pasar sepeda motor bekas. Sebelum Anda mulai mencari, silakan periksa harga pasar di MoFE.

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait