MoFE Logo

Harga Jual Motor Bekas Jatuh, Ini Penyebabnya

Motor bekas merupakan salah satu pilihan yang populer bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki kendaraan bermotor. Selain harganya yang lebih terjangkau, motor bekas juga memiliki pilihan yang beragam, mulai dari motor bebek, matik, hingga sport.

Namun, tidak semua motor bekas memiliki harga jual yang tinggi. Bahkan, ada beberapa motor bekas yang harganya bisa jatuh jauh dari harga pasaran. Hal ini tentu saja membuat pemilik motor bekas menjadi kecewa.

Lantas, apa saja yang menyebabkan harga jual motor bekas jatuh? Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu kalian ketahui:

1. Tahun pembuatan

Tahun pembuatan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap harga jual motor bekas. Semakin tua tahun pembuatannya, maka harga jualnya akan semakin turun. Hal ini dikarenakan motor yang sudah tua biasanya memiliki kondisi yang sudah tidak prima lagi.

2. Jarak tempuh

Jarak tempuh juga merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan. Semakin tinggi jarak tempuh motor, maka harga jualnya akan semakin turun. Hal ini dikarenakan motor yang sudah menempuh jarak yang jauh biasanya memiliki komponen yang sudah mulai aus.

3. Kondisi fisik

Kondisi fisik motor juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga jualnya. Beberapa masalah yang sering muncul seperti Shockbreaker yang rusak, tampilan body yang baret dan lain-lain. Semakin bagus kondisi fisik motor, maka harga jualnya akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika kondisi fisik motor sudah tidak bagus, maka harga jualnya akan semakin turun.

4. Merek dan model

Merek dan model juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Semakin populer merek dan model motor, maka harga jualnya akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika merek dan model motor kurang populer, maka harga jualnya akan semakin turun.

5. Persediaan motor

Persediaan motor juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga jualnya. Semakin banyak persediaan motor, maka harga jualnya akan semakin turun. Sebaliknya, jika persediaan motor terbatas, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

6. Kondisi ekonomi

Kondisi ekonomi juga dapat mempengaruhi harga jual motor bekas. Jika kondisi ekonomi sedang lesu, maka harga jual motor bekas akan cenderung turun. Sebaliknya, jika kondisi ekonomi sedang membaik, maka harga jual motor bekas akan cenderung naik.

Bagaimana Biar Harga Jual Motor Bekas Tidak Jatuh?

Agar harga jual motor bekas kalian tidak jatuh, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan, yaitu:

  • Pastikan kondisi motor kalian dalam keadaan prima. Jika ada komponen yang sudah aus, segeralah lakukan perbaikan.
  • Jagalah kebersihan motor kalian. Motor yang bersih akan terlihat lebih menarik dan terawat.
  • Pasarkan motor kalian di tempat yang tepat. Kalian bisa menjualnya di showroom motor bekas, di media sosial, atau di situs jual beli.
  • Tetapkan harga jual yang realistis. Harga jual yang terlalu tinggi akan membuat pembeli enggan untuk membeli motor kalian.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kalian bisa mendapatkan harga jual motor bekas yang lebih tinggi.

Dan untuk memastikan berapa sih harga motor jual kamu, bisa banget nih untuk cek harga sekaligus jual di MoFE!

Pastinya lebih gampang dan anti ribet!

Baca artikel lainnya ya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait