MoFE Logo

Evolusi Motor Matic: Dominasi di Indonesia

Evolusi Motor Matic : Dari Italia Hingga Dominasi di Indonesia

Sebelum kemacetan menghantui kita sehari-hari, manusia sudah tergila-gila dengan gagasan naik kendaraan roda dua yang simpel dan gampang dikendarai. Dari jaman kuda besi klasik sampai moped sederhana, cerita motor diwarnai dengan banyak ide cemerlang dan perkembangan.

Hingga sampai pada masanya motor pertama di dunia lahir dengan nama Daimler Reitwegen, sebelum abad ke-20 oleh dua pria Jerman, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach.

Seiring perkembangan teknologi dalam evolusinya  lahirnya motor matic, yang memberi kemudahan dan kenyamanan berkendara tanpa repot gonta-ganti gigi seperti yang kita lihat kebanyakan saat ini.

Jejak Awal Evolusi Motor Matic di Dunia

Mungkin kalian gak akan mengira kalau cerita sejarah perkembangan motor matic bermula di Italia, negara yang punya kultur dan desain ikonik.

Di tahun 1984-an, Piaggio melahirkan generasi Vespa yang menjadi cikal bakal terobosan matic pertama di dunia. Desainnya yang ramping dan praktis, dipadu dengan cara pakainya yang gampang, langsung bikin heboh dunia dan membuka jalan buat era baru dalam motoran.

Meskipun perlu dicatat bahwa Vespa tersebut tidak seperti motor matic yang kita temui saat ini. Di mana kita hanya perlu menarik gas dan langsung jalan. Perlu memindahkan gigi dari netral untuk bisa berjalan seperti motor matic yang kita temui hari ini.

Tapi ini sistemnya beneran seperti matic, karena tuas sebelah kiri Vespa ini adalah rem belakang, bukan kopling seperti Vespa lainnya pada masa itu.

Apa namanya? Ini lah dia yang dianggap oleh kebanyakan motor matic pertama, yakni Vespa Corsa 125.

Seperti yang bisa kalian temukan di internet, Vespa pertama lahir pada tahun 1946 yakni Vespa Corsa 125. Namun ada pengembang skuter yang terlebih dahulu lahir sebelumnya.

Skuter ini berasal dari Jepang bernama Rabbit-1 yang dibuat oleh Fuji Songyo (kini kalian mengenalnya dengan nama Subaru). Bahkan kelinci asal negeri sakura ini lahir 6 bulan lebih dahulu dari perusahaan skuter yang begitu ikonik asal Italia yang sebelumnya kita bahas.

Sejarah Evolusi Motor Matic Mulai Masuk Indonesia: Vespa Corsa 125 Membuka Gerbang Baru

Gelombang matic udah nggak bisa dihindari, dan di tahun 1990-an, Indonesia merasakan gebrakan baru dengan munculnya Vespa Corsa 125, motor matic pertama di Indonesia, bahkan dunia. Meski baru dan bisa dibilang tak biasa, matic langsung nyedot perhatian masyarakat dengan kemudahan dan kepraktisannya, terutama buat kaum hawa yang dulu kesusahan naik motor manual.

Ditambah Vespa Corsa 125 desainnya memudahkan wanita untuk berkendara karena ruang di bagian kaki yang lowong. Sehingga wanita yang mengenakan rok masih bisa berkendara tanpa kesulitan.

Oh ya, isu kemudahan untuk wanita yang menggunakan rok dalam  mengendarai kendaraan roda 2 juga jadi poin lahirnya produk skuter modern yang diproduksi Yamaha, Pasol S50 di tahun 1977. Skuter modern pada masanya ini melahirkan kendaraan roda 2 yang lebih kecil dan ringan sehingga mudah untuk dikendarai oleh para wanita.

Motor Matic Dianggap Motor Perempuan

Pas awal-awal muncul, matic kerap dikait-kaitin sama klise “motor buat cewek”. Entah apa yang memulainya, tapi yang jelas pada masa itu matic dikatakan sebagai motor perempuan.

Ya kalau dari poin pembahasan sebelumnya, ini karena mencuatnya skuter yang menjadi cikal bakal matic terdahulu diperuntukkan memberi kemudahan ke pengendara wanita.

Ditambah kalau ditarik mundur anggapan ini karena desain salah satu motor yang meledak di pasaran matic yakni Yamaha Mio memiliki bentuk ramping dan ringan, serta gembar-gembor cara pakainya yang katanya lebih memudahkan buat cewek.

Yamaha Mio di tahun 2003. Desainnya ramping, ringan, hingga didukung dengan tagline “Wanita Jangan Mau Ketinggalan!”. Jelas! Ini  langsung menyasar pasar cewek dalam pertarungan penjualan motor.

Bahkan lebih jelasnya, iklan Yamaha Mio saat itu juga diperankan sama aktris perempuan Tessa Kaunang yang membawa motor untuk mendatangi komedian Komeng. Di mana pada saat itu biasanya iklan-iklan motor diperankan oleh laki-laki. Intinya Yamaha Mio dalam iklannya  ingin membuat wanita lebih mudah dalam mobilitas dan mandiri dalam mengendarai sepeda motornya.

Kehadiran Honda Beat: Nyebrangin Batasan dan Merangkul Semua

Masuk tahun 2006, Honda meluncurkan evolusi untuk motor matic di Indonesia yakni Beat. Matic dengan desain yang lebih universal dan menarik buat semua, nggak cuma cewek.

Desainnya yang dibuat multigender (buat siapa saja), ditambah gembor-gembor konsumsi bahan bakar yang irit, plus harganya yang lebih terjangkau bikin matic ini jadi favorit banyak masyarakat di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung Honda Beat jadi penjualan motor dengan angka tertinggi di Indonesia.

Tapi perlu diketahui kalau sebelum Beat jadi primadona, Honda sudah lebih dulu ngeluarin Vario di tahun 2006. Matic ini hadir dengan desain yang lebih gede dan sporty, serta mesin yang lebih kenceng.

Sayangnya, karena harganya yang masih tergolong mahal jadi belum bisa bersaing dengan matic yang ada di pasaran pada masa tersebut.

Awalnya Honda ragu untuk mengeluarkan motor matic karena pada era tersebut motor bebek masih jauh lebih hits dan disukai oleh banyak orang. Selain itu ketahanan dari skuter itu sendiri masih banyak dipertanyakan termasuk pihak Honda sendiri.

Sampai akhirnya Honda melihat Yamaha sukses dengan penjualan maticnya di pasaran dan melahirkan Honda Beat dengan segala improvisasi yang diaplikasikan pada produk awalnya tersebut.

Ya intinya, Honda Beat terlahir untuk mengalahkan Mio yang lebih dahulu dipuja dengan menghadirkan motor matic dengan desain yang multi gender dan harga yang jauh lebih terjangkau.

Gak heran dong Honda Beat jadi rajanya pasar matic di Indonesia dengan pangsa pasar lebih dari 60%.

Faktor Suksesnya Evolusi Motor Matic di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, minat masyarakat pada matic terus naik. Ada beberapa faktor yang bikin matic jadi primadona, kayak kemudahan pakainya, kenyamanan berkendara, irit bahan bakar, dan desain yang keren, yang bikin masyarakat Indonesia, baik cowok maupun cewek, makin suka sama matic.

Permintaan matic yang tinggi di Indonesia dipicu oleh beberapa faktor, kayak:

  • Urbanisasi: Jumlah penduduk di kota-kota besar terus naik, bikin kebutuhan akan kendaraan praktis dan gampang dikendarai semakin penting.
  • Peran Wanita: Semakin banyak cewek yang aktif di luar rumah, bikin mereka butuh kendaraan yang handal dan gampang dipakai.
  • Harga Terjangkau: Harga matic yang makin murah bikin kendaraan ini semakin mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.
  • Modelnya yang sudah bervariasi: Gak bisa dipungkiri perkembangan jenis skuter matic udah benar-benar macem-macem yang memenuhi segala selera. Misalnya kayak desain matic sporty (Aerox/ADV), skuter fashionable (Scoopy atau Fino), hingga Maxi Scooter (PCX atau NMAX). Sehingga selera yang tadinya hanya bisa dipenuhi oleh motor bebek sudah bisa terpenuhi oleh motor matic.

Dan perlu dicatat kepopuleran matic nggak lepas dari berbagai keuntungan yang ditawarkan, kayak:

  • Gampang Pakainya: Nggak perlu ribet gonta-ganti gigi, jadi lebih gampang dan praktis, apalagi di jalan yang padat.
  • Nyaman Berkendara: Duduknya enak dan suspensinya empuk, bikin pengendara lebih nyaman berkendara, terutama buat perjalanan jauh.
  • Teknologi Hemat Bahan Bakar yang Makin Berkembang: motor bebek lebih irit daripada motor matic, di mana ini jadi salah satu poin yang bikin orang susah move on dari motor bebek. Tapi persaingan di pasar motor matic makin menguntungkan pengguna dengan teknologi hemat bahan bakar yang semakin terus berkembang hingga bisa dibilang bisa menyaingi iritnya motor bebek
  • Desain yang Keren: Produsen matic terus ngeluarin desain yang keren dan trendi, jadi menarik buat semua kalangan.

Setelah suksesnya evolusi motor matic merajai pasar motor saat ini di Indonesia, membuat persaingan penjualan motor semakin ketat. Tak hanya fitur dan teknologi, harga yang ditawarkan semakin terjangkau oleh sebagian masyarakat terutama motor bekasnya.

Melihat hal itu kami MoFE berkomitmen untuk lebih mempermudah lagi masyarakat dalam mendapatkan motor matic bekas dengan harga terjangkau. Tak perlu lagi kalian pergi ke dealer motor satu per satu! Biarkan kami yang membawakan dealer tersebut ke depan layar smartphone atau laptop.

Kepraktisan membeli motor hanya dalam ujung jari kalian.

Langsung cek unit-unit terbaru kita ya!

Yuk baca artikel lainnya ya!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait