MoFE Logo

Dikagumi selama 50th, Ini berbagai jenis Kawasaki Seri Z

Kawasaki Seri Z

Di Indonesia, Kawasaki memperkenalkan Z125 dan Z900. Melihat pasar global, seri Z terdiri dari Z H2, Z900, Z650, Z400, dan Z125. Selama sekitar setengah abad, para penggila motor mengakui seri Z mampu memberikan sensasi berkendara motor yang mengagumkan dan seri Z dianggap sebagai SuperNaked Motorcycle. Berikut adalah sejarah dan ringkasan seri Z.

Sejarah Seri Kawasaki Z

Pada tahun 1970-an, Kawasaki Z adalah kekuatan pendorong di balik pabrikanmotor Jepang sehingga menjadi nomor satu di dunia. Penampilan Z memiliki dampak yang kuat pada sepeda motor di seluruh dunia, dan tren berubah secara dramatis setelah itu. Sejarah seri Z dimulai dengan Z1 yang diumumkan pada tahun 1972. Z1 mengadopsi mekanisme DOHC yang tinggi, dengan kapasitas 900cc. Z1 menjadi hit besar di seluruh dunia sebagai mesin terkuat dan tercepat. Pada tahun berikutnya, 750RS, atau Z2, juga menjadi hit besar di Jepang dan pasar global.

Mengapa Z1 Dikagumi oleh Penggemar Sepeda Motor

“900 Super4” Kawasaki, yang dikenal sebagai Z1, muncul pada tahun 1972 dan menarik perhatian pengendara di seluruh dunia. Sebagai sepeda motor massal yang diproduksi, Z1 menampilkan kinerja tertinggi di dunia pada saat itu. Awalnya, Kawasaki juga memikirkan untuk merilis mesin kelas 750cc, tetapi mereka tidak dapat merilis mesin yang bisa dianggap sebagai versi palsu dari CB750FOUR. Untuk melampaui CB750FOUR, Kawasaki sepenuhnya meninjau desain mesin dan bodinya. Pada tahun 1972, Z1 yang dinanti-nantikan dirilis. Ia memiliki kapasitas 903cc dan menggunakan DOHC untuk sistem penggerak katup. Daya, mekanik, dan kualitas semuanya layak menjadi mesin kelas dunia yang teratas. Pengendara di seluruh dunia jatuh cinta dengan Z1.

Tidak hanya mesinnya, tetapi ada berbagai faktor seperti latar belakang sejarah dan desain yang sangat menarik bagi pecinta sepeda motor.

Seri Kawasaki Z - Kawasaki Z1

Z H2, Kapal Induk dari Kawasaki Seri Z

Z H2 yang diluncurkan pada tahun 2020 adalah model flagship dari seri Z yang telah dikembangkan sebagai super naked, dan juga merupakan Z pertama yang dilengkapi dengan mesin 4-silinder sejajar berkapasitas 998cc dengan supercharger. Mesin ini didasarkan pada H2 (2015), dan dengan penekanan pada akselerasi yang halus pada rentang kecepatan rendah hingga menengah, cocok untuk model naked yang digunakan di jalan raya. Rangka Z H2 juga merupakan produk eksklusif yang dirancang secara khusus, dan sambil menggambarkan konsep desain “sugomi” (kehebatan) yang dibagikan oleh seri Z dari era ini, ia mirip dengan Z1000 dan Z900.

Kawasaki Seri Z - Kawasaki Z H2

Z900

Z900 merupakan penerus dari Z800 (2013) dan pendahulunya, Z750 (2004) yang dirilis pada tahun 2017. Kapasitas mesinnya berpendingin air, 4-silinder sejajar DOHC 4-katup dengan kapasitas 948cc. Z1 (900 Super 4), GPZ900R Ninja, dan ZX-9R memproduksi “900cc class parallel 4-cylinder”, yang merupakan paket tradisional untuk Kawasaki.

Kawasaki Seri Z - Kawasaki Z900

Z650

Z650 dirilis pada tahun 2017, dan merupakan naked kelas menengah yang menggantikan ER-6n sebelumnya. Meskipun mesin in-line twin 650cc-nya sama, Z650 memasukkan konsep desain “Sugomi” seperti model-model high-end, dengan tujuan untuk benar-benar berbeda dari seri ER yang tidak memberikan kesan agresif bagi para pengendara.

Seri Kawasaki Z - Kawasaki Z650

Z400

Empat puluh tahun setelah Z400, yang dijual sebagai penerus RS400 pada paruh kedua tahun 1970-an, model naked dengan nama “Z400” diluncurkan kembali pada tahun 2019. Z400 didasarkan pada Ninja 400 yang diperbaharui pada model 2018. Ninja 400, yang awalnya didasarkan pada seri ER-6/4. Mesin DOHC 4-stroke 2-silinder sejajar berkapasitas 399cc berpendingin air dan rangka trellis bergaya Ninja H2 sama dengan Ninja 400 (2018).

Kawasaki Seri Z - Kawasaki Z400

Z125 

Diluncurkan pada tahun 2016 sebagai adik kecil dari seri Z. Roda depan dan belakang berukuran 12 inci dan ukuran bodi yang terlihat seperti seri Z yang berdeformasi mirip dengan Honda Grom. Kawasaki awalnya memiliki KSR110, dan Z125 mewarisi rangka dan DNA-nya. Meskipun ukurannya kompak, desainnya kuat seperti seri Z, dan perlengkapannya juga menunjukkan DNA sepeda motor Sport seperti fork terbalik, suspensi belakang yang dilengkungkan, dan rem cakram bunga yang efisien di bagian depan dan belakang.

Seri Kawasaki Z - Kawasaki Z125

Di Indonesia, Ninja memiliki komunitas yang kuat dan populer, tetapi Z series belum cukup dikenal oleh para pecinta sepeda motor. Karena ini, sulit untuk menemukan sepeda motor bekas dari seri Z di pasar.

Jika Anda sedang mencari sepeda motor bekas yang sporty, silakan periksa MoFE untuk memeriksa harga dan jika Anda ingin menyimak kisah sepeda motor lainnya, silakan lihat artikel-artikel ini!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait