MoFE Logo

Kenapa motor honda bekas lebih mahal dari Yamaha bekas?

Harga motor bekas Honda lebih tinggi daripada Yamaha

MoFE – Ketika Anda mencari sepeda motor di pasar sepeda motor bekas, Honda dan Yamaha paling dominan untuk dijadikan sebagai pilihan. Sebenarnya, Honda dan Yamaha memegang sekitar 90% pangsa pasar sepeda motor di Indonesia. Dan kedua perusahaan tersebut menyediakan berbagai jenis sepeda motor dari Motor Bebek hingga Bigbike.

Namun, jika mencermati harga sepeda motor bekas, Anda akan menyadari bahwa harga sepeda motor Yamaha relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga sepeda motor bekas Honda. Sebenarnya ada mekanisme mengapa Yamaha lebih murah. Berikut rahasianya!

Honda memberikan diskon yang lebih rendah saat menjual sepeda motor baru

Pangsa pasar Honda di Indonesia lebih dari 70% dan Yamaha sekitar 20%. Sebagai pemimpin pasar, Honda cenderung enggan memberikan diskon besar kepada pembeli. Untuk skuter matik yang sangat populer seperti Scoopy, PCX, dan ADV160, Honda jarang memberikan diskon. Namun, Yamaha ingin mengejar pangsa pasar dan mereka mendorong dealer untuk menjual lebih banyak. Untuk menjual lebih banyak sepeda motor, dealer memberikan diskon lebih banyak dan ini mempengaruhi harga sepeda motor bekas.

Pangsa pasar sepeda motor di Indonesia.

Uang muka dan angsuran motor Yamaha

Tingkat kecelakaan kredit yang lebih tinggi

Untuk menjual lebih banyak sepeda motor, Yamaha juga agresif dalam memberikan persetujuan kredit sepeda motor. Honda biasanya meminta uang muka sebesar 2 juta rupiah, dan untuk pegawai negeri atau karyawan perusahaan besar mereka menerima tawaran istimewa dengan uang muka 1 juta atau kurang. Tetapi Yamaha menerima uang muka sebesar 500.000 rupiah dan terkadang mereka bahkan menerima nol uang muka. Namun, karena uang muka yang rendah ini, lebih banyak pembeli Yamaha tidak dapat membayar cicilan bulanan dan perusahaan pembiayaan harus mengambil kembali sepeda motor dari pembeli. Hal ini mengakibatkan peningkatan pasokan sepeda motor bekas dan membuat harga sepeda motor bekas turun.

Keseimbangan penawaran dan permintaan

Yamaha memiliki beberapa model terlaris seperti Mio, Vixion, dan NMAX. Honda juga memiliki model terlaris seperti BeAT, Scoopy, PCX, dan ADV150/160. Dalam kasus Honda, karena kapasitas pasokannya terbatas, Honda harus mengendalikan pasokan model-model terlaris ini. Namun, Yamaha memiliki kapasitas yang cukup untuk memproduksi Mio, Vixion, dan Nmax. Dan hal ini mengakibatkan kelebihan pasokan dari model-model terlaris tersebut. Karena kelebihan pasokan, Yamaha kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga premium di pasar sepeda motor bekas dan ini mempengaruhi harga sepeda motor bekas.

Inden Honda Scoopy

Jaringan layanan purna jual

Honda memiliki jaringan dealer yang lebih luas, bengkel layanan (AHASS), dan jaringan distribusi suku cadang daripada Yamaha. Dan berkat jaringan purna jual yang lebih baik ini, pemilik sepeda motor lebih mudah mengakses jaringan layanan Honda daripada pergi ke bengkel umum. Kondisi yang lebih baik berarti harga sepeda motor bekas yang lebih tinggi.

Sebaliknya, jika Anda berencana untuk membeli sepeda motor bekas, Yamaha memiliki nilai lebih daripada Honda, dari sisi harga. Tetapi harap tetap berhati-hati dengan memperhatikan kualitas sepeda motor, dan periksa harga pasar di MoFE. Dan jangan lupa untuk memeriksa tips membeli dan menjual sepeda motor bekas dari blog MoFE!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait