MoFE Logo

Cara, Syarat, Biaya Balik Nama STNK Motor Bekas 2023

Cara, syarat, balik nama motor sering ditanyakan kalau mau beli motor bekas. Penting untuk balik nama motor bekas kamu, karena kepemilikan sudah berganti dan untuk bayar pajak motor.

Penting buat mengetahui cara balik nama motor baik untuk si pertama kali beli motor bekas dan si lupa-lupa ada perubahan cara administrasinya.

Cara, Syarat, dan Biaya Balik Nama STNK

Syarat Balik Nama Motor Bekas

Syarat balik nama motor bekas kamu harus dipersiapkan sebelum mau balik nama motor. Perhatikan dokumen-dokumennya dan apa yang harus disiapkan:

  • BPKB asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Identitas Asli (KTP atau Paspor) dan fotokopi
  • Faktur Pembelian 

Cara Balik Nama Motor Bekas

Balik nama motor harus melewati langkah-langkah berikut dan juga siapkan syarat dokumennya. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Cara, Syarat, dan Biaya Balik Nama  Samsat

1. Pergi ke Samsat Terdekat.

Pergi ke Samsat (Sistem Manunggal Satu Atap) terdekat dan juga harus sesuai dengan domisili pemilik KTP.  Misal pemilik baru asalnya dari Jakarta maka dia harus pergi ke Samsat yang terletak di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta TImur. 

Apabila berbeda wilayah harus dilakukan proses cabut berkas terlebih dahulu. Maka harus mengurus proses cabut berkas di wilayah yang ingin dilakukan. Contohnya kamu ingin proses balik nama di Bogor maka harus ke Samsat Bogor untuk cabut berkas lalu lanjut proses balik nama di Samsat Jakarta.

Cara, Syarat, dan Biaya Balik Nama  Cek Fisik

2. Cek Fisik Motor

Cek fisik motor bisa dilakukan di tempat cek fisik dengan petugas yang sudah bertugas disana. Petugas akan periksa motor kamu dengan gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin motor. Lalu petugas akan berikan form hasil cek fisik motor. 

Form yang diberikan oleh petugas, segera serahkan ke loket pengesahan cek fisik khusus Balik Nama dan bayar biaya cek fisik.

Setelah itu, diberikan berkas hasil cek fisik yang tervalidasi. Segera simpan dan fotokopi dan siapkan berkasnya untuk tahap selanjutnya. Untuk lakukan pengurusan balik nama BPKB di Polda dengan bawa berkas cek fisik motornya.

Cara, Syarat, dan Biaya Balik Nama  Pendaftaran

3. Pendaftaran Balik Nama Motor.

Lanjut ke Loket Pendaftaran Balik Nama yang biasanya masih berada di daerah gedung Samsat. Siapkan dokumen syarat Balik Nama Motor seperti; BPKB asli, STNK asli, Identitas Asli (KTP atau Paspor), Faktur Pembelian, dan berkas Cek Fisik Motor. 

Isi formulir yang sudah diberikan dan sertakan kelengkapan dokumen syaratnya. Dokumen akan diambil dan diperiksa dahulu oleh petugas lalu tunggu hingga dipanggil lagi. Saatnya bayar biaya pendaftaran balik nama dan akan diberikan tanda terima. Setelah pembayaran biasanya menunggu 2-5 hari kerja untuk proses balik nama motor. 

Cara, Syarat, dan Biaya Balik Nama Pembayaran

4. Pengambilan STNK, Notice dan Pembayaran Pajak.

Setelah menunggu 2-5 hari akan dipanggil untuk pengambilan STNK. Siapkan BPKB asli dan tanda terima saat pembayaran biaya balik nama motor. Sertakan saat di loket pendaftaran balik nama motor. 

Apabila dibutuhkan sertakan fotokopi faktur pembelian dan berkas cek fisik motor. Diberikan terlebih dahulu Notice bayar pajak dan segera bayar di loket pembayarannya yang setelah itu baru diberikan STNK yang sudah atas nama kamu. 

Biaya Balik Nama Motor Bekas

Biaya ini sudah diatur pada PPRI No. 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku. Walaupun tidak pernah disebutkan secara langsung biaya balik nama motor. Tetapi menjelaskan biaya untuk proses-proses untuk balik nama motor sebagai berikut

  • Biaya Penerbitan Surat Mutasi (keluar daerah) Rp. 150.000
  • Biaya Penerbitan BPKB baru. Rp. 225.000
  • Biaya Penerbitan STNK baru. Rp. 100.000

Untuk lebih lengkap biaya balik nama bisa periksa samsatsleman.jogja.prov.go.id, di dalamnya terdapat penjelasan dan perhitungan lebih akurat pada pembayaran dan biaya yang perlu untuk berbagai balik nama motor.

Syarat, cara, dan biaya balik nama motor bekas kamu sudah dijelaskan di atas ini, supaya kamu lebih aman dari hukum untuk bawa motor kamu di jalanan. Ingat bisa periksa laman website dan aplikasi samsatdigital.id juga laman website wilayah masing-masing seperti bayar samsat di Jakarta e-samsat

Penasaran terkait jual beli motor bekas dan kelengkapan surat-surat lainnya bisa baca artikel yang terkait di bawah ini. 

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait