MoFE Logo

Tips Agar Body Motor Tetap Terlihat Baru dan Awet

Tips Agar Body Motor Tetap Terlihat Baru dan Awet

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain praktis dan efisien, motor juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Namun, agar motor tetap nyaman dan awet digunakan, perlu dilakukan perawatan secara rutin, termasuk perawatan pada body motor.

Body motor yang kusam dan tergores tentu akan mengurangi nilai estetika dan kenyamanan berkendara. Selain itu, body motor yang tidak dirawat dengan baik juga rentan terhadap kerusakan, seperti karat dan pengelupasan cat. Kalau sudah begini tak hanya soal estetika, namun harga jual untuk motor Anda bisa turun di bawah harga pasaran.

Tampilan luar seperti warna bodi yang gores dan terbakar sinar matahari berdampak besar pada harga jual kembali. Jadi kalau Anda berpikir untuk menjual sepeda motor Anda di kemudian hari, Anda harus merawat bodi sepeda motor Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips agar body motor tetap terlihat baru dan awet:

1. Cuci motor secara rutin

Cuci motor secara rutin adalah salah satu cara paling penting untuk menjaga body motor tetap bersih dan mengkilap. Cucilah motor setidaknya seminggu sekali, atau lebih sering jika motor sering digunakan di kondisi yang kotor.

Saat mencuci motor, gunakanlah shampo motor khusus yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat merusak cat. Hindari menggunakan deterjen biasa, karena deterjen biasa dapat membuat cat motor cepat pudar.

Berikut ini adalah langkah-langkah mencuci motor yang benar:

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti shampo motor, spons, kain lembut, dan air bersih.
  • Basahi motor dengan air bersih.
  • Tuangkan shampo motor pada spons dan gosokkan secara lembut pada permukaan body motor.
  • Bilas body motor dengan air bersih hingga bersih.
  • Keringkan body motor dengan kain lembut.

2. Lap motor setiap hari

Selain mencuci, Anda juga perlu melap motor setiap hari untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Debu dan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan body motor kusam dan tergores.

Saat mengelap motor, gunakanlah kain lembut yang tidak berbulu. Anda juga dapat menambahkan sedikit shampo motor untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Lindungi body motor dari sinar matahari

Sinar matahari yang terik dapat menyebabkan cat motor cepat pudar. Oleh karena itu, penting untuk melindungi body motor dari sinar matahari.

Anda dapat melindungi body motor dengan cara memarkir motor di tempat yang teduh, atau menggunakan cover motor saat tidak digunakan.

Intinya Anda wajib untuk menghindari motor terpapar sinar matahari langsung dengan waktu yang lama.

4. Hindari terkena benda tajam atau kasar

Body motor yang terkena benda tajam dapat menyebabkan goresan. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan motor, terutama saat melewati jalan yang tidak rata.

Jika Anda terjatuh atau motor Anda tertabrak, segera cek apakah ada bagian body motor yang tergores. Jika ada, segera perbaiki atau ganti bagian yang tergores tersebut.

Pentingnya mencari tempat parkir yang baik juga sangatlah berpengaruh, karena tak sedikit motor yang kita miliki jadi lecet setelah parkir di parkiran umum yang padat dan tak tertata dengan baik.

5. Periksa kondisi cat secara berkala

Jika Anda melihat ada bagian cat motor yang mulai terkelupas, segera lakukan perbaikan. Anda dapat melakukan perbaikan sendiri atau membawa motor ke bengkel.

6. Gunakan cairan pelapis cat

Cairan pelapis cat dapat membantu melindungi cat motor dari sinar matahari, debu, dan kotoran. Cairan pelapis cat ini biasanya tersedia dalam bentuk semprot atau pasta.

7. Waxing motor secara berkala

Waxing motor dapat membantu menjaga body motor tetap mengkilap dan melindungi cat dari kerusakan. Anda dapat melakukan waxing motor sendiri atau membawa motor ke bengkel.

Namun jangan terlalu sering memoles motor Anda ya! Karena hal tersebut dapat mengikis cat motor. Alih-alih membuatnya terlihat bersinar, malah akan membuatnya nampak kusam

8. Hindari menggunakan deterjen biasa

Detergen biasa dapat membuat cat motor cepat pudar. Oleh karena itu, hindari menggunakan deterjen biasa untuk mencuci motor.

Mungkin terdengar sepele, tapi ada baiknya gunakan sampo untuk motor. Hal ini karena sampo motor memiliki formula yang pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan body motor dan menghindari motor dari warna kusam.

9. Jangan menggunakan sikat kawat

Sikat kawat dapat menggores body motor. Oleh karena itu, jangan menggunakan sikat kawat untuk membersihkan body motor.

Mungkin untuk beberapa bagian mesin kita perlu untuk menggunakannya, namun berhati-hatilah agar bagian body motor tidak tergores.

10. Gunakan kain lembut

Gunakan kain lembut untuk mengelap dan mencuci body motor. Kain berbulu dapat menggores body motor.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga body motor tetap terlihat baru dan awet. Body motor yang terawat akan membuat motor Anda lebih nyaman dan aman digunakan.

Tips Tambahan

Berikut ini tips tambahan agar motor anda tetap terlihat baru dan awet:

  • Jika motor Anda sering digunakan di kondisi yang kotor, Anda dapat membersihkan body motor lebih sering, misalnya dua kali seminggu.
  • Jika motor Anda digunakan di daerah yang sering hujan, Anda perlu lebih berhati-hati saat mencuci motor. Jangan mencuci motor saat hujan, karena air hujan dapat merusak cat motor.
  • Jika motor Anda sering terparkir di luar ruangan, Anda perlu melap motor setiap hari untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

Penting sekali untuk Anda menjaga kondisi motor agar tetap terlihat dalam kondisi yang baik. Ha tersebut tentunya menjaga harga jual motor berada pada harga terbaiknya.

Nah, sekarang kalau lagi cari motor bekas silakan untuk cek di MoFE ya! Banyak banget kok pilihannya!

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait