MoFE Logo

Beli Motor Bekas Suzuki Banding Dulu dan di 2023

Banyak dari kita mungkin pernah bermimpi punya motor Suzuki pada tahun 2010. Saat itu, motor Suzuki sampai rela beli motor bekas Suzuki Satria dan Skywave menjadi idaman setiap pemotor. 

Penguasaan pasar motor di Indonesia pada waktu itu Suzuki memegang lebih dari 20% seluruhnya. Tetapi seiring waktu, tahun 2023 ini pasarnya bahkan tidak sampai 10%.

Motor Suzuki yang terkenal sekarang seperti Suzuki All New Satria F150, Suzuki Nex II, dan Suzuki GSX-R150. 3 motor ini adalah motor paling laku dari Suzuki.

Kami akan coba mencari tahu kenapa terperosoknya ketenaran Motor Suzuki dibanding brand motor lain seperti Honda dan Yamaha. Dan pintarkah beli motor bekas Suzuki di 2023?

1. Motor Bekas Suzuki Kalah Saing Sama Honda dan Yamaha

Beli Motor Bekas Suzuki

Honda dan Yamaha berhasil mempopulerkan skuter Mio dan BeAT, mengubah dinamika permintaan pemotor di Indonesia menjadi lebih mengarah ke motor matic. 

Sayangnya, Suzuki tidak segera menanganinya dan tertinggal dalam persaingan ketat di pasar motor Indonesia, terutama di segmen motor matic. 

Sekarang, motor matic mendominasi pasar motor di Indonesia, menggeser motor bebek dan motor sport.

Pada waktu itu, Motor Suzuki fokus pada motor bebek seperti Suzuki Satria. Inovasi Suzuki Indonesia itu terasa tidak ada perubahan setelah tahun 2017-2018.

2. Lineup Motor Suzuki yang Terbatas

Beli Motor Bekas Suzuki

Berbeda dengan Honda dan Yamaha yang memiliki beragam model seperti Honda Vario, Beat, dan Vario, serta Yamaha Mio, Soul GT, dan Fino. 

Pilihan yang beragam dan desain yang unik membuat pemotor Indonesia lebih memilih motor yang sesuai dengan hatinya.

Motor-motor suzuki yang terbatas dan hanya itu-itu saja. Lineup yang terbatas, yang membuat mereka kesulitan bersaing dalam variasi produk.

Kamu Tertarik Motor Bekas Honda dan Yamaha dibawah 10 Jutaan? Bisa Cek Artikel Kami Tentang motor bekas dibawah 10 jutaan!

3. Reputasi di Pasar Motor Sport Juga Tidak Tinggi

Beli Motor Bekas Suzuki GSXR

Motor sport besutan dari Suzuki yaitu GSX R 150 walaupun motor sport yang bagus tetapi dibanding motor sport asal Honda dan Yamaha sangat jauh. Juga rilisnya telat untuk bersaing dengan mereka

Reputasi motor sport juga berasal dari beragamnya dan terus berinovasi untuk memperbarui line up motor sportnya. Motor sport Suzuki cenderung tidak ada inovasi yang membuat Suzuki semakin terdepan untuk pasar motor sport. 

Sedangkan Motor sport Honda dan Yamaha setiap tahunnya memiliki perubahan dan terus berinovasi dari desain, fitur dan mesin-mesinnya.

4. Suzuki Fokus pada Pasar India Dibanding Pasar Motor Indonesia

Motor Suzuki India

Salah satu faktor lain yang menyebabkan penurunan pangsa pasar Suzuki di Indonesia adalah fokus perusahaan yang lebih besar pada pasar India. 

Pada tahun 2021, penjualan motor Suzuki di Indonesia hanya sekitar 30 ribu unit, sementara Honda berhasil menjual 4 juta motor dan Yamaha berhasil menjual 1 juta unit motor.

Di India, penjualan motor Suzuki hampir mencapai 2 juta unit pada tahun yang sama.

Mungkin juga karena persaingan ketat dengan merek motor Jepang lainnya seperti Honda dan Yamaha serta volume penjualan yang lebih besar di India.

Suzuki memutuskan untuk memfokuskan upaya mereka di sana.

Bolehkah Beli Motor Bekas Suzuki? Jawabannya Bisa “Iya”

Beli motor bekas Suzuki bisa iya tapi harus seperti ini biar nyaman dan tidak kepikiran berkepanjangan

  1. Harga Terjangkau Salah satu keuntungan beli motor bekas Suzuki lebih terjangkau daripada merek lain. Jika budget terbatas, ini bisa menjadi pilihan yang baik.
  2. Sekedar Motor Saja: Rencana beli motor hanya untuk dipakai dan tidak ada rencana untuk jual lagi. Motor Suzuki sudah melebih cukup untuk motor dengan nyaman dan aman.
  3. Pertimbangkan Lokasi Dealer: Pastikan rumah dekat dengan dealer Suzuki. Untuk mempermudah servis dan bantuan lainnya. Karena cukup jarang servis Suzuki bertebaran di Indonesia

Tertarik Dengan Motor-motor yang Bisa Harganya Mahal Kalau Dijual Lagi? Ini dia Motor Investasi pilihan Kami di Artikel berikut!

Beli Motor Bekas Suzuki Harus Matang-Matang dan Cari yang Berkualitas!

Motor Suzuki untuk keperluan motor-an ke mana saja mungkin kerja atau liburan sebenarnya sudah cukup kalau Kamu pertimbangkan apa yang kami sebutkan.

Walaupun brand Motor Suzuki terlihat di ujung tanduk tetapi akan terus ada di Indonesia baik motor baru dan bekas. Harus teliti beli motor bekas yang berkualitas biar kamu lega belinya.

Kalau bingung bisa cek pilihan motor Suzuki Bekas di MoFE saja! Karena banyak pilihan motor Suzuki yang ada di MoFE dari Suzuki Satria hingga Suzuki GSXR 150.

Semua motor bekas Suzuki yang ada di MoFE berasal dari mitra resmi MoFE atau “MoFE Verified Seller” sehingga sudah dijamin keamanan, kenyamanan dan keaslian surat-surat motor. 

Tunggu apalagi cek saja motor bekas Suzuki di MoFE!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait