MoFE Logo

Beli Motor Bekas di Dealer? Perhatikan Hal Berikut!

Kalau Anda mau beli motor bekas di dealer tolong perhatikan beberapa hal berikut!

Membeli motor bekas adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki motor dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, untuk mendapatkan motor bekas yang berkualitas, Anda perlu melakukan riset dan pemeriksaan yang cermat. Apalagi jika Anda membeli motor bekas di dealer, yang mana Anda harus berhadapan dengan penjual profesional.

Ada beberapa channel untuk membeli sepeda motor bekas. Dari teman dan komunitas Anda, dari orang yang tidak Anda kenal, dan dari dealer sepeda motor bekas.

Ketika Anda membeli dari teman dan komunitas Anda, ketika sepeda motor bermasalah dengan kualitasnya, Anda bisa berdiskusi dengan mereka dengan mudah.

Tapi kalau Anda membeli dari perorangan biasanya mereka sulit untuk kasih garansi jadi kita tidak bisa klaim kalau motornya bermasalah.

Saat Anda membelinya dari dealer, Anda juga harus berhati-hati. Pelayanan Dealer Sepeda Motor Bekas semakin hari semakin baik. Namun ada beberapa pelaku kejahatan di pasar yang tidak mengungkapkan kekurangan sepeda motor secara gamblang atau menipu kualitas sepeda motor.

Berikut ini adalah beberapa beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat beli motor bekas di dealer. Tentunya ini dapat membantu Anda mendapatkan motor yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan:

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli motor bekas, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu informasi tentang berbagai merek dan tipe motor bekas yang tersedia di pasaran.

Anda juga dapat membaca review dari pengguna motor bekas untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing motor.

Melihat hal ini bagi MoFE penting juga untuk melakukan riset terhadap dealernya juga. Jangan sampai kita beli di dealer yang kurang baik sehingga mendapatkan produk motor bekas dengan kondisi yang tidak bagus.

2. Tentukan anggaran Anda

Setelah Anda mengetahui berbagai merek dan tipe motor bekas yang tersedia, tentukan anggaran yang Anda miliki. Hal ini penting untuk menghindari Anda tergiur dengan harga yang terlalu murah.

Selain itu menetapkan anggaran yang akan Anda keluarkan juga membantu anda untuk memilih motor bekas apa yang akan kalian beli.

3. Kunjungi dealer motor bekas

Setelah Anda mengetahui anggaran yang Anda miliki, kunjungi dealer motor bekas untuk melihat-lihat pilihan yang tersedia. Perhatikan kondisi fisik motor secara keseluruhan, mulai dari bodi, mesin, rangka, hingga kelengkapan dokumen.

Di sini MoFE mempermudah Anda di mana bisa dengan mudah melihat stok atau ketersediaan motor yang diinginkan di sebuah dealer. Tak hanya itu Anda juga bisa mengontak langsung dealer yang ada di MoFE setelah anda memilih motor yang cocok dengan anda.

4. Periksa kondisi fisik motor

Ketika Anda sudah sampai di dealer jangan terburu-buru untuk membawa pulang motor tersebut. Lakukanlah pemeriksaan terhadap calon motor yang akan anda pilih.

Saat memeriksa kondisi fisik motor, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Bodi: Pastikan bodi motor tidak ada penyok atau retak. Jika ada, cek apakah penyok atau retak tersebut sudah diperbaiki dengan baik.
  • Mesin: Hidupkan mesin dan dengarkan suaranya. Suara mesin yang halus menandakan bahwa mesin dalam kondisi baik. Selain itu, cek juga apakah ada kebocoran oli atau bahan bakar.
  • Rangka: Pastikan rangka motor tidak bengkok atau patah. Anda dapat memeriksanya dengan melihat garis-garis pada rangka motor.
  • Kelengkapan dokumen: Pastikan motor tersebut dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti STNK, BPKB, dan faktur pajak.

5. Coba kendarai motor

Setelah Anda puas dengan kondisi fisik motor, coba kendarai motor tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa motor tersebut nyaman dikendarai dan tidak ada masalah dengan mesinnya.

6. Tawar-menawar harga

Setelah Anda yakin ingin membeli motor tersebut, Anda dapat melakukan tawar-menawar harga dengan penjual. Anda dapat meminta penjual untuk memberikan diskon atau bonus tertentu.

7. Lakukan pemeriksaan menyeluruh

Setelah Anda selesai melakukan transaksi, sebaiknya lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap motor tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa motor tersebut tidak ada masalah yang tersembunyi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda periksa secara menyeluruh:

  • Sistem kelistrikan: Pastikan semua lampu dan indikator berfungsi dengan baik.
  • Sistem pengereman: Pastikan rem depan dan belakang berfungsi dengan baik.
  • Sistem suspensi: Pastikan suspensi depan dan belakang tidak bocor atau rusak.
  • Ban: Pastikan ban dalam kondisi baik dan tidak botak.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan motor bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Tips tambahan untuk membeli motor bekas di dealer

Selain tips-tips di atas, berikut ini adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Pilih dealer yang terpercaya. Salah satu keuntungan beli motor bekas di MoFE Anda tak perlu mengkhawatirkan integritas dari dealer untuk dealer yang sudah terverifikasi. Jadi disarankan untuk membeli motor dari dealer yang sudah verified ya!
  • Baca kontrak jual beli dengan cermat sebelum Anda menandatanganinya. Pastikan semua informasi yang tertera di kontrak sudah sesuai dengan kesepakatan Anda dengan penjual.
  • Minta garansi. Tak ada salahnya untuk meminta garansi ke dealer tempat Anda membeli motor bekas. Hal ini berguna agar terhindar dari kerusakan setelah pemakaian yang baru sebentar.

Gimana? Udah punya pilihan motor bekas belum?

Liat-liat dulu aja deh di MoFE kali aja ada yang bikin jatuh hati.

Baca artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait