MoFE Logo

Banyak Dicari, Motor Ini Bisa Jadi Barang Investasi

Kawasaki Z750RS

MoFE – Banyak orang berpikir bahwa membeli sepeda motor bekas hanya sebatas kebutuhan transportasi sehari-hari atau sekadar hobi semata. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa jenis motor bekas memiliki potensi untuk menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan? Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang motor bekas yang dapat dijadikan investasi dan bagaimana cara memilih motor bekas yang tepat untuk dijadikan investasi.

Secara global, sedang booming investasi pada mobil dan barang antik. Terutama selama pandemi, harga produk tersebut naik dan investor mengharapkan return sebesar 10% – 15% dari investasi tersebut. Namun, bagi pengendara biasa, mobil dan barang antik terlalu mahal, dan yang lebih penting, tidak menarik bagi penggemar sepeda motor.

Dalam hal sepeda motor klasik, harga telah tumbuh dari tahun ke tahun dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Sekitar sepuluh tahun yang lalu, membeli dan menjual sepeda motor klasik hanya merupakan hobi antara penggemar sepeda motor dan kolektor, bukan alat investasi seperti sekarang.

Motor apa yang populer di dunia dan motor apa yang berpotensi di Indonesia sebagai target investasi ?

Tren Teratas Global

Melihat pasar global, harga “Iconic” dan “History” pada sepeda motor mengalami peningkatan. Sebagai simbol sepeda motor Amerika, Harley-Davidson selalu menjadi target kolektor dan investor. Dalam hal sepeda motor Jepang, Kawasaki lebih populer daripada Honda dan Yamaha karena mereka memiliki penggemar yang kuat.

Model yang Paling Populer di Jepang – Z750RS

Di Jepang, Kawasaki Z750RS generasi pertama yang dijual dari 1973 hingga 1975, adalah sepeda motor yang paling populer di Jepang. Sepeda motor dalam kondisi baik bisa mencapai harga 1 miliar Rupiah. Z750RS, juga dikenal sebagai Z2, adalah simbol dari sepeda motor Kawasaki yang memiliki desain otentik sepeda motor klasik dan merupakan sepeda motor sport pertama yang sangat kuat yang membantu Kawasaki menjadi merek global.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang seri Kawasaki Z, silakan lihat artikel ini.

Harley Davidson Strap Tank 1908

Harley-Davidson Klasik : Strap Tank Harley-Davidson 1908

Strap Tank Harley-Davidson 1908 saat ini merupakan sepeda motor paling mahal yang pernah terjual dalam lelang setelah terjual seharga $935.000,bulan lalu di Mecum Auction di Las Vegas.

Diperkirakan hanya ada 12 model sepeda motor tersebut di seluruh dunia. Itu salah satu alasan mengapa sepeda motor tersebut terjual dengan harga yang sangat mahal dan apa yang membuatnya menjadi bagian penting dalam sejarah Harley.

Tren Sepeda Motor Klasik di Indonesia

Para pengendara sepeda motor Indonesia lebih menyukai teknologi baru dan desain modern. Namun, baru-baru ini, seperti tren global, sepeda motor klasik menjadi tren. Yamaha RX-King sudah menjadi populer di kalangan pecinta sepeda motor dan Tiger 2000 menunjukkan potensi untuk menjadi tren yang sama.

Yamaha RX-King

Yamaha RX King (juga dikenal sebagai RX-135)

Jika Anda berusia di atas 40 tahun, RX king pasti menjadi sepeda impian Anda ketika Anda masih kecil. Dan jika Anda berusia 30-an dan 20-an, Anda pasti akan menyukai sepeda motor ini sebagai simbol sepeda motor “Klasik” dan simbol “Yamaha di tahun 80-an dan 90-an”.

Di Indonesia, RX-135, awalnya disebut RX-K, diproduksi dari tahun 1981 hingga 1982. Model baru tahun 1983, yang menambahkan desain tangki kotak dan model kursi yang lebih modern, dirilis sebagai RX King – dengan daya yang diklaim sebesar 18,5 tenaga kuda. Produksinya berakhir pada akhir tahun 2009, ketika persyaratan regulasi EURO3 menghentikan produksinya.

Mengingat daya mesin dan teknologi, sepeda motor terbaru adalah pilihan yang lebih baik. Sama seperti pengendara Kawasaki Jepang yang ingin memiliki Z750RS, para penggemar sepeda motor Yamaha ingin memiliki RX king. Dilihat dari harga pasar, harga model tahun 90-an berkisar antara 15 juta hingga 20 juta Rupiah dalam kondisi baik dan model tahun 2000-an berkisar antara 20 juta hingga 30 juta Rupiah.

Honda Tiger 2000

Honda Tiger 2000 (juga dikenal sebagai GL200) 

Diproduksi oleh Astra Honda Motor dari tahun 1993 hingga 2012. Selama waktu yang lama, Honda Tiger 2000 dianggap sebagai andalan Honda Motor di Indonesia. Dan komunitas Tiger terkenal dengan rasa persatuan yang kuat. Tiger dilengkapi dengan mesin empat tak silinder tunggal yang menghasilkan tenaga 17,4 PS dengan kecepatan maksimum mencapai 150,0 km/jam. Dan ini adalah sepeda motor performa tertinggi yang diproduksi di Indonesia. Sama seperti RX-King, para penggemar sepeda motor Honda terpesona dengan Tiger. Tetapi karena harganya yang tinggi, yaitu OTR 26 Juta pada tahun 2012, hanya 440.000 unit yang terjual selama 20 tahun produksi.

Melihat harga pasar, harga Tiger masih rendah, dan Anda dapat menemukan Tiger dengan harga mulai dari 10 Juta. Tetapi melihat harga RX-King, Tiger juga memiliki potensi yang baik untuk menjadi sepeda motor “Klasik” di masa depan.

(Harga Tiger 2000 pada tahun 2012)

Jika Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi pada sepeda motor, pertimbangkan apakah sepeda motor target Anda dapat menarik minat dari penggemar dan kolektor sepeda motor, dan periksa sepeda motor dengan teliti sebelum membelinya untuk menghindari membeli sepeda motor “Junk”.

Silakan cek informasi lebih lanjut tentang membeli dan menjual sepeda motor bekas:

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait