MoFE Logo

Bahaya Beli Motor Bekas Dibawah 5 Juta: Bolak Balik Servis

Pasti pernah liat motor bekas dibawah 5 juta? Motor bekas murah memang menggiurkan apalagi banyak merknya. Soalnya di Indonesia motor bekas ada Honda hingga Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Banyak orang yang mempertimbangkan untuk beli motor bekas untuk hemat biaya awal dan yang mereka sukai sebelumnya. 

Meskipun tergantung pada tahun dan modelnya, harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan membeli yang baru adalah poin paling menarik dari motor bekas.

Harus memahami bahwa setiap sepeda motor bekas memiliki kondisi yang berbeda. Motor bekas dibawah 5 juta bisa menimbulkan banyak pertanyaan soal kondisi dan kelayakan jalannya. 

Oleh karena itu, tidak peduli motor bekas dibawah 5 juta atau lebih murah, harus tetap perhatikan ini dan lebih baik hindari hingga jangan beli motor bekas terlalu murah.

1. Biaya Perawatan Mahal alias Bolak Balik Masuk Bengkel

Motor bekas dibawah 5 bolak balik servis

Beli motor bekas di bawah 5 juta rupiah, seringkali harus mempertimbangkan biaya pemeliharaan yang tinggi. Dengan harga yang murah pasti kondisi motornya sudah tidak baik.

Sehingga harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki dan merawatnya sebelum bisa dipakai untuk sehari-hari. Bahaya dan tidak nyaman juga bisa suspensi rontok hingga jok motornya lepas-lepas.

Bolak balik bisa ke bengkel resmi seperti bengekl AHASS, Yamaha Service Center dan Servis Motor Suzuki. Uang bisa cepat habis karena sering servis apalagi kalau dibawa ke bengkel resmi.

Selain itu, biasanya motor dibawah 5 juta atau yang murah STNK dan pajak motor sudah mati. Sehingga harus mengeluarkan biaya agar di jalanan tidak terkena tilang polisi.

Baca Artikel kami yang Menjelaskan Lebih dalam Cara Urus Surat Motor Hilang

Ini bisa terjadi karena pemilik sebelumnya tidak merawat motor dengan baik. Sehingga kondisi yang kian memperparah membuat harga motor jadi murah sekali. 

Karena pemilik sebelumnya mengerti untuk memperbaiki motornya sudah melebihi harga jual motor bekasnya. 

2. Motor Bekas Murah tetapi Bekas Kecelakaan

Motor bekas dibawah 5 kecelakaan

Motor bekas yang murah bisa saja bekas kecelakaan dan sengaja di sembunyikan. Tanpa memberi tahu pernah kecelakaan dan ingin cepat laku saja.

Motor bekas kecelakaan sangat bahaya karena banyak yang perlu diperiksa apakah ada kerusakan motor yang besar. Apabila tidak diperiksa ada resiko motor mati total di tengah jalan.

Makanya motor bekas dijual murah karena pemilik sebelumnya juga tahu ini motor sangat bahaya mending di jual saja dibanding terkena kecelakaan lagi.

Perlu perhatikan betul-betul pada eksterior bodi motor juga karena bisa saja sudah dibersihkan dengan pemilik sebelumnya. 

Bisa periksa rangka atau sambungannya apakah ada kerusakan. Kalau iya bisa membuat motor bahaya dan motornya ambruk atau terlipat karena sehabis kecelakaan. 

3. Motor Bekas Curian Dijual Murah

Motor bekas dibawah 5 hasil curian

Motor bekas curian biasanya ingin dijual cepat biar pelakunya dapat duitnya. Makanya di tawarkan harga motor bekas dibawah 5 juta.

Pembeli pasti mengincar harga motor bekas yang murah dan terlihat kondisi masih baik. Tetapi ini menjadi masalah kasus yang bisa berkepanjangan dan sebaiknya dihindari.

Karena mempunyai motor dari sumber yang hasil dari kejahatan atau memiliki masalah hukum. Berakhir dengan kerugian uang besar, bahkan hukuman pidana.

Sudah pasti surat-surat motor tidak lengkap akan menimbulkan banyak pertanyaan dan apabila dibawa di jalanan bisa ditilang polisi

4. Sparepart Sudah Mulai Jarang

Sparepart jarang

Motor dibawah 5 jutaan bisa karena tahunnya sudah tua hingga jarak tempuh sudah melebihi 50.000 Km. Maka harus servis secara rutin agar motor tetap berjalan dengan baik. 

Tetapi motor tua tersebut sudah berhenti produksi sehingga sparepart juga berarti sudah tidak ada di edaran. Hasilnya membuat tidak bisa servis untuk memperbaruhui sparepart.

Ini bisa sangat menyusahkan pemotor karena ini akan menyita waktu dan tenaga untuk mencari sparepart yang masih ada dan berfungsi untuk motor dibawah 5 jutanya.

Juga menghabiskan duit untuk mencari dan membeli dengan harga yang mahal karena spare part baik Honda, Yamaha, dan Suzuki sudah terhitung jarang kalau motor sudah tidak di produksi. 

Lebih baik beli motor bekas yang tahun muda atau masih diproduksi sparepartnya agar mempermudah servis secara rutinnya.

Bijak Beli Motor Bekas yang Berkualitas

Beli motor bekas harus perhatikan banyak hal dan jangan cepat cari motor bekas murah saja tetapi perlu tahu kondisi, merk, jarak tempuh, dan tahun motor.

Jika kamu punya motor tapi cuma buat keliling dekat rumah dan jarak dekat. Juga tidak ada rencana untuk jual motornya. Maka beli motor bekas dibawah 5 juta bisa jadi solusi.

Bisa periksa pilihan motor bekas yang kami rekomendasikan dibawah 5 Jutaan dan 10 jutaan

Mengetahui jarak tempuh yang tidak terlalu besar dan tahun motor yang masih muda adalah tanda pertama motor bekas yang berkualitas. 

Motor bekas berkualitas ada yang murah tetapi juga harus jeli melihat kondisi lainnya. Makanya kami rekomendasikan untuk beli motor bekas di MoFE saja!

Karena semua motor bekas yang dijual di MoFE sudah terjamin bekas berkualitas. Juga bisa ditemukan berbagai merk dan tahun motor yang bisa dipilih sesuai dengan budget kamu.

MoFE juga menyediakan harga yang pas untuk pembeli dan penjual motor biar harga terjangkau untuk dibeli dan tetap menguntungkan buat penjual.

Tunggu apalagi bisa segera cari motor bekas berkualitas di MoFE saja!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait