MoFE Logo

Atasi Baret Putih Kusam Speedometer Motor Modal Oli

Atasi Baret Putih Kusam Speedometer Motor Modal Oli

Speedometer merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk menampilkan informasi penting mengenai kecepatan, jarak tempuh, dan indikator lainnya. Namun, speedometer juga rentan mengalami kerusakan, salah satunya adalah baret atau semacam bercak putih kusam yang menutupi tampilan speedometer.

Biasanya tampilan kusam yang menutupi speedometer ini disebabkan oleh usia motor yang sudah cukup lama. Paparan sinar matahari juga mendukung membuat mika speedometer menjadi kusam dan muncul bercak putih. Tentunya tampilan semacam itu di speedometer dapat mengurangi estetika kendaraan dan membuat tampilannya menjadi kurang menarik. Kalau sudah begini bisa bikin harga jual motor kalian jadi turun lho!

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menghilangkan baret kusam pada speedometer motor. Salah satu cara yang paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan oli mesin.

Cara ini banyak ditemukan di internet dan banyak digunakan di bengkel-bengkel motor.

Berikut adalah langkah-langkah Atasi Baret Putih Kusam Speedometer Motor Cuma Modal Oli:

1. Siapkan oli mesin dan lap bersih.

Tak ada peralatan khusus yang perlu disiapkan, hanya oli mesin dan lap bersih dengan permukaan lembut. Beberapa bengkel bahkan ada yang menggunakan oli bekas, tapi MoFE tidak menyarankan hal itu ya karena oli bekas memiliki kandungan kotoran.

2. Bersihkan speedometer dari kotoran dan debu

Pastikan mika speedometer di motor kalian bersih dari kotoran dan tidak basah. Jika kotor kalian bisa membersihkannya terlebih dahulu atau mengelapnya jika permukaannya basah.

3. Oleskan oli mesin ke speedometer secara merata

Setelah kalian pastikan permukaan speedometer bersih dari kotoran maupun cairan, mulailah untuk mengoleskan oli tersebut ke permukaan mika speedometer. Pastikan oli tersebut dioles secara merata ke seluruh permukaan terutama area yang terdapat bercak putih dan kusam.

Agar tangan anda tidak kotor bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskannya kok!

4. Biarkan oli mesin meresap selama 30 menit

Proses kembalinya mika speedometer menjadi bening tidaklah instan dan dalam sekejap. Jadi, setelah oli mesin melapisi seluruh permukaan mika, Anda bisa diamkan beberapa saat setidaknya sekitar 30 menit hingga 1 jam. Biasanya setelah waktu tersebut tampilan speedometer akan mulai terlihat kembali jernih atau setidaknya jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Bersihkan speedometer dengan lap bersih menggunakan gerakan memutar

Setelahnya kalian bisa membersihkan lapisan oli di mika speedometer dengan lap kain yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Lakukan gerakan memutar dan pastikan agar tak ada sisa oli mesin yang masih menempel di atas permukaannya.

6. Ulangi langkah 4 jika diperlukan

Jika Anda merasa masih kurang puas dengan hasilnya, bisa dicoba untuk melakukannya kembali dari langkah nomor 4 hingga mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Cara ini dapat menghilangkan baret putih kusam pada mika speedometer dengan cepat dan mudah. Namun, perlu dicatat juga bahwa hasil yang akan Anda dapatkan tentunya tidak akan sangat sempurna. Tapi lumayan lah ya!

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan speedometer motor menjadi kusam, antara lain:

  • Paparan sinar matahari
  • Debu dan kotoran
  • Goresan

Berikut ini adalah beberapa tips agar speedometer motor tidak cepat kusam:

Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari dapat menyebabkan speedometer menjadi kusam dan retak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memarkir sepeda motor di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Jika terpaksa, gunakan penutup speedometer untuk melindunginya dari paparan sinar matahari.

Bersihkan secara rutin

Debu dan kotoran dapat menempel pada permukaan speedometer dan menyebabkannya menjadi kusam. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan speedometer secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Anda dapat menggunakan lap bersih yang dibasahi dengan air sabun. Jika speedometer sudah sangat kusam, Anda dapat menggunakan cairan pembersih kaca khusus.

Hindari goresan

Goresan dapat menyebabkan speedometer menjadi sulit dibaca. Oleh karena itu, sebaiknya hindari meletakkan benda-benda tajam di dekat speedometer. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak membersihkan speedometer dengan cara menggosoknya dengan keras.

Jadi penting banget ya buat jaga tampilan motor agar tetap maksimal, karena hal tersebut sangat mempengaruhi harga jualnya.

Oh ya kalau sedang cari motor bekas boleh langsung cek dulu aja nih di MoFE!

Baca juga artikel yang lainnya yuk!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait