MoFE Logo

Asal Nama Seri Honda CB dan CBR

Setiap nama model memiliki asalnya sendiri. Perusahaan sepeda motor memasukkan filosofi dan pemikiran mereka ke dalam nama model. Sebagai awal dari “Origin of Series Names”, MoFE memperkenalkan Asal Nama Seri Honda CB dan CBR

Asal Nama Seri Honda CB

Pada tahun 1957, Dream C70, mesin dua silinder pertama Honda, memulai debutnya. Pada saat itu, menghasilkan output maksimum 18 tenaga kuda pada 7.400 rpm untuk kelas 250cc yang diproduksi di dalam negeri.

Model turunannya adalah CA92 yang dirancang untuk ekspor ke Amerika Serikat, dan dikatakan bahwa Benly CB92 Super Sports lahir sebagai hasil dari fakta bahwa “CB bersebelahan dengan CA, jadi itu adalah CB” ketika merilis model olahraga performa tinggi. Dapat diasumsikan bahwa ini adalah asal usul CB.

Ada berbagai teori, seperti asal kata “Cycle Better” = sepeda motor yang sangat baik, menggabungkan singkatan dari “motorcycle” dan “CluBman”. Omong-omong, banyak pejabat Honda saat ini tampaknya menganggapnya sebagai “Creative Benchmark”.

Asal Nama Seri Honda CB + Racing = CBR

Start of CBR – CBR900RR (1992)

Pada awal 1990-an, CBR750RR dikembangkan sebagai mesin yang mampu mengalahkan RVF750 di Suzuka 8 Hours, namun model VFR tetap digunakan dalam balapan, dan pengembangan akhirnya dihentikan. CBR900RR Fireblade dikembangkan berdasarkan CBR750RR (Tidak dirilis) dan memulai debutnya pada tahun 1992. Bodi kompak yang dirancang sebagai 750 dilengkapi dengan mesin yang mewujudkan karakteristik tenaga ideal dengan meningkatkan perpindahan tanpa terikat oleh regulasi balapan. Hasilnya, ia mencapai performa yang menjungkirbalikkan akal sehat supersport berkapasitas besar konvensional, memadukan handling yang tajam dan performa tenaga yang luar biasa, dan tiba-tiba menjadi model yang populer di kelas ini.

Evolution of CBR – CBR900RR (2000)

Dengan kemunculan CBR900RR, peta tenaga super sport berubah total. Saingan mulai mengembangkan model serupa, dan Yamaha YZF-R1, Suzuki GSX-R1000, Kawasaki ZX-9R, dll muncul satu demi satu. Honda tidak tinggal diam, dan CBR900RR mewarisi konsep tersebut sambil mengulang perubahan model untuk meningkatkan performa.

CBR1000RR (2004)

Selain meningkatkan rangka dan suspensi serta mengurangi bobot secara menyeluruh, perpindahan mesin secara bertahap diperluas dari semula 893cc menjadi 918cc, 929cc, dan 954cc untuk meningkatkan tenaga, semakin meningkatkan derajat kesempurnaan dan mendapatkan dukungan yang kuat. pergi. Pada tahun 2004, model penerusnya, CBR1000RR, yang mengejar kecepatan lebih tinggi lagi dengan teknologi mesin MotoGP, memulai debutnya.

Other CBR series

Selain CBR1000RR, ada juga CBR600RR versi perantara di supersport “RR” yang diturunkan dari CBR900RR. Selain itu, CBR adalah kelompok model ringan yang dilengkapi dengan mesin satu silinder berpendingin air seperti CBR125R, 250R, dan 300R, meskipun terbatas pada model saat ini, dan ada juga karakter model dasar CBR500R yang dilengkapi dengan CBR500R.

Ingin tahu lebih banyak tentang CBR dan CB series? Silakan periksa artikel ini

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait