MoFE Logo

Ingin tahu kenapa suku bunga kredit motor tinggi ? berikut alasannya

suku bunga kredit motor

MoFE – Suku bunga kredit motor di Indonesia memang dikenal lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga kredit mobil atau rumah. Hal ini seringkali menjadi pertanyaan bagi banyak orang yang ingin membeli motor dengan cicilan. Dalam artikel blog ini, kita akan membahas beberapa alasan mengapa suku bunga kredit motor lebih tinggi, termasuk faktor risiko pasar, tingkat kecelakaan kredit, dan tingkat literasi keuangan masyarakat. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Suku bunga kredit motor tinggi

Saat Anda membeli sepeda motor dari dealer, pernahkah Anda memeriksa suku bunganya ? Perlu Anda ketahui bahwa suku bunga kredit motor lebih tinggi daripada mobil dan pinjaman umum dari bank. Untuk motor, suku bunga cicilan rata-rata berkisar antara 25-30 persen per tahun. Sementara itu, untuk mobil, suku bunga cicilan tahunan berkisar antara 7-12 persen, terdapat perbedaan yang sangat besar. Dan jika Anda membeli sepeda motor untuk pertama kalinya, bisa lebih tinggi dari ini.

Alasan struktural mengapa suku bunga kredit tinggi

Tingkat pendanaan lebih tinggi

Perusahaan pembiayaan seperti FIF, OTO, MCF, dan Adira meminjam uang dari pasar uang. Namun karena pasar motor dianggap sebagai pasar yang berisiko tinggi, para pemberi pinjaman uang meminta suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman mobil, rumah, dan pinjaman lainnya.

Tingkat Gagal Kredit yang tinggi

Tingkat kredit yang tidak baik sama dengan meningkatnya gagal kredit yang lebih, tingkat gagal kredit motor juga lebih tinggi daripada pinjaman mobil dan rumah. Bagi sebagian besar konsumen Indonesia, sepeda motor termasuk barang pembelian pertama dengan nilai yang tinggi. Beberapa pembeli sepeda motor tidak pandai mengontrol arus kas keuangan mereka sehingga gagal membayar cicilan bulanan.

Tingkat Pencurian Tinggi

Mobil tidak mudah dicuri dan rumah tidak mungkin dicuri. Produsen sepeda motor sedang mengembangkan teknologi baru untuk fungsi anti-pencurian seperti teknologi dari Honda, yaitu Honda Smart Key System, tetapi tingkat pencurian masih tinggi. Ketika pengendara kehilangan sepeda motornya, banyak dari mereka berhenti membayar cicilan. Dan ini juga meningkatkan Tingkat Gagal Kredit.

kredit motor bekas

Literasi keuangan konsumen

Bapak Suwandi Wiratno, Ketua Umum APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia), mengatakan “Orang yang membeli sepeda motor jarang bertanya berapa bunga yang dikenakan, yang ditanyakan harus sudah membayar berapa uang muka, berapa cicilan, berapa cicilan yang sudah dibayar.” Untuk menjual lebih banyak sepeda motor, dealer dan perusahaan pembiayaan mencoba meminimalkan uang muka dan hanya dengan membayar uang muka sebesar IDR 500.000, konsumen bisa mendapatkan sepeda motor. Namun, uang muka rendah meningkatkan suku bunga tetapi konsumen lebih memilih uang muka yang lebih rendah.

Kredit Motor Bekas

Tidak semua perusahaan pembiayaan menyediakan kredit motor bekas. Bahkan perusahaan pembiayaan yang menyediakan membatasi jangka waktu kredit hingga 5 tahun. Karena perusahaan pembiayaan tidak tahu nilai sebenarnya dari motor bekas, mereka enggan memberikan kredit motor bekas dan menetapkan suku bunga yang lebih tinggi daripada motor baru.

Saat ini, belum ada opsi yang baik untuk kredit motor bekas. Jika Anda membutuhkan kredit untuk motor bekas, Anda harus menerima suku bunga yang lebih tinggi. Namun, Kementerian Keuangan akan bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan dan akan meluncurkan program kredit untuk motor bekas. Harap bersabar dan jangan lupa untuk memeriksa harga motor bekas di MoFE sebelum membeli motor !

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait