MoFE Logo

Ada Apa dengan Pabrikan Jepang di Musim MotoGP 2023 ?

motogp 2023

MoFE – Kelas MotoGP 2023 saat ini dikuasai oleh pabrikan Eropa, Ducati, KTM, dan Aprillia. Sementara itu, pabrikan motor Jepang masih terus berjuang. Selain itu, Suzuki mengumumkan untuk hengkang dari kelas MotoGP.

Hasil dan Situasi Tim MotoGP Honda 2022

Di musim 2022, Honda belum memenangkan satu pun pertandingan. Jika dilihat ke belakang, kemerosotan Honda dimulai ketika Marc Marquez patah lengan atas kanannya pada 2020, saat musim dimulai di tengah pandemi COVID, dan absen dari musim untuk waktu yang lama. Pada saat absennya Marquez pada 2020, adiknya, Alex Marquez, dua kali berada di podium tapi tidak pernah sekalipun berada di podium pertama. Pada 2021, ketika Marquez kembali, dia memenangkan tiga balapan dalam kondisi yang kurang sempurna.

Sampai saat ini, bahkan jika kondisi mesin tidak sempurna, Marquez menunjukkan kemampuan mengendarai yang luar biasa, memacu secara maksimal tunggangannya untuk meraih juara, dan kenyataannya, dari debutnya pada tahun 2013 hingga 2019, tahun sebelum dia terluka, dia memenangkan enam gelar dalam tujuh tahun. Dia telah memenangkan 59 balapan di kelas MotoGP sejauh ini, sebuah rekor yang jauh melampaui jumlah kemenangan dari pembalap lain yang berkompetisi di MotoGP.

motogp portugal 2023
MotoGP Portugal – Marc Marquez Crash

Marquez Kembali ke sirkuit di akhir musim 2022 dan menempati start pada posisi pertama pada seri perdana sprint race MotoGP Portugal 2023. Tetapi akhirnya dia bertabrakan dengan Miguel Oliveira (Tim MotoGP™ CryptoDATA RNF) dan mendorong Jorge Martin (Prima Pramac Racing) hingga jauh keluar track. Insiden itu berakhir dengan Martin kehilangan beberapa posisi, sementara Marquez dan Oliveira keduanya tidak bisa melanjutkan balapan. Sebelum musim dimulai, Marquez menyebutkan bahwa “motor Honda MotoGP 2023 masih jauh dari yang terbaik”. Hal ini membuat Marquez terlalu agresif dan memicu kecelakaan dalam balapan pertama.

Hasil dan Situasi Tim MotoGP Yamaha 2022

Pada musim 2021, Fabio Quartararo mencatatkan lima kemenangan dan menjadi    pembalap pertama asal Perancis yang berhasil menjuarai MotoGP. Ini adalah gelar pertama Yamaha setelah enam tahun sejak Jorge Lorenzo pada tahun 2015.

Pada musim 2022, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) bertarung untuk meraih gelar hingga seri balapan terakhir, tetapi tidak bisa mempertahankannya dan berada di posisi kedua. Musim 2022 menjadi musim yang menegangkan, karena juara diputuskan hingga seri balapan terakhir, tetapi pembalap Ducati sangat mendominasi podium setelah jeda musim panas, dan Fabio Quartararo berjuang untuk masuk ke dalam 10 besar.

Mengapa Ducati Menjadi Kuat mulai dari 2016

Berlakunya Perangkat Unified ECU Mulai Tahun 2016

Mulai tahun 2016, otoritas MotoGP memutuskan untuk menggunakan perangkat Unified ECU (Engine Control Unit), artinya ECU yang digunakan tiap pembalap akan sama. Namun, ECU ini dibuat oleh Ducati dan membuat Ducati menjadi kompetitif sejak 2016. Jelas bahwa Ducati mendapat manfaat dari ECU, yang merupakan perangkat kunci untuk mengontrol mesin.

Aerodinamika dari Ducati dan Tim Eropa Lainnya

Pada tahun 2019, Ducati memperkenalkan winglet dan bagian aerodinamika mereka untuk meningkatkan downforce. Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia mengajukan protes atas legalitas winglet karena alasan keselamatan, tetapi akhirnya diakui legal. Hal ini memicu perang aerodinamika di antara tim dan sekarang semua tim MotoGP memasang sayap di depan kawah dan winglet di atas ban belakang.

Mulai tahun 2020, bagian aerodinamika menjadi umum dan terutama tim-tim Eropa seperti Ducati, Aprilia, dan KTM agresif dalam mengadopsi bagian-bagian baru, sedangkan tim Jepang lebih konservatif untuk menjaga keselamatan pembalap.

Data yang Lebih Besar dari Tim Satelit

Ducati Corse, sebuah tim dengan empat tim dan delapan pembalap, bergabung dengan motoGP sementara Honda memiliki dua tim dan empat pembalap, dan Yamaha hanya memiliki satu tim dan dua pembalap. Ini adalah keuntungan besar bagi Ducati untuk meningkatkan mesin karena Ducati dapat memiliki informasi yang lebih detail tentang mesin, ban, dan sirkuit.

Apakah Honda dan Yamaha dapat bersaing di musim MotoGP 2023?

Dari tes pra-musim, Honda dan Yamaha tidak dapat menunjukkan performa yang kompetitif. Marquez bisa memenangkan pole position dan podium ke-3 di Sprint Race, tetapi ini datang dari kemampuannya sendiri bukan dari mesin Honda.

Untuk itu, Honda dan Yamaha harus berjuang lebih di musim ini. Alex Marquez menyebutkan bahwa ada selisih waktu 0,7 detik antara Honda dan Ducati. Selisih top speed antara Honda dan Ducati sekitar 5 km dan Yamaha lebih tinggi dari itu.

kawauchi ken honda technical manager
Kawauchi Ken

Yamaha akan berjuang hingga tahun depan karena mereka tidak memiliki tim satelit tahun ini dan ini adalah hambatan besar bagi pabrikan. Honda dapat mengejar kesenjangan dengan Ducati berkat manajer teknis mereka Kawauchi Ken, mantan Manajer Teknis Suzuki yang berhasil mempertahankan mesin yang kompetitif dengan anggaran terbatas di Suzuki.

Membahas MotoGP sangat menyenangkan! Dan jika kamu penggemar sepeda motor, pasti bermimpi untuk membeli sepeda motor impianmu seperti CBR250RR atau R25. Namun, sepeda motor baru cukup mahal. Silakan periksa harga sepeda motor bekas CBR250RR dan R25 di MoFE! Dan periksa tips ini dari MoFE.

Beli Motor Sport R25 Bekas Lebih Menguntungkan !

Tips Sebelum Membeli Sepeda Motor Sport Bekas & Baru

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait