MoFE Logo

7 Motor-motor Irit Bensin Cocok Pulang Pergi Bogor Jakarta

Motor irit bensin terpikir pertama saat mau hemat pengeluaran. Tingginya biaya hidup apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, menghemat bensin bisa jadi salah satu pilihan buat pekerja di Jakarta. Menurut data dari BPS, sebanyak 1,3 juta jiwa melakukan komuter setiap hari dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekas ke Jakarta salah satunya menggunakan motor. Perjalanan setiap hari yang sudah pasti mencapai 20 km per harinya harus memikirkan bensin yang terpakai selama naik motor.

Kenaikan Harga BBM di Tahun-tahun Mendatang

Sekarang harga BBM di Indonesia adalah salah satu harga yang cukup murah saat harga minyak di dunia sedang naik. Ini juga terbantu karena BBM Indonesia masih ada subsidi dari pemerintah. Dilansir dari Pertamina, mulai dari 1 September 2023 harga BBM non-subsidi Pertamax menjadi Rp 13.300 per liter atau naik dari yang sebelumnya Agustus Rp 12.400 per liter. 

Terus terbentuk tren harga bensin akan terus naik disebabkan dari tidak stabilnya harga minyak dunia dan faktor-faktor lain. Sehingga pemotor harus bijak menghemat bensin agar pengeluaran tidak boros ke motor dan bensin saja. Solusinya bisa pilih motor yang irit bensin agar Bogor-Jakarta setiap hari tidak sering isi bensin.

Pilih Motor Matic Juga Sudah Irit!

Motor matic dulu dianggapnya tidak irit bensin jadi tidak terlalu diminati dan lebih milih motor bebek. Dulu pasar motor Indonesia di dominasi sama motor bebek karena lebih irit bensin. Seiringnya teknologi semakin maju dengan Fuel Injection, serta eSP dari Honda, dan teknologi Bluecore VVA dari Yamaha, membuat motor matic menjadi sama bahkan lebih irit dibandingkan motor bebek. Juga karena motor matic hanya perlu gas dan rem, dominasi berubah lebih banyak ke motor matic.

Pilihan Motor-Motor Irit Bensin Cocok Tangerang – Jakarta Setiap Hari

Motor Irit Honda Beat

1. Honda BeAT

Motor Matik sejuta umat ini adalah pilihan yang tidak akan salah untuk komuter juga irit bensin. Konsumsi motor Honda BeAT ini mencapai 61 km/liter, berkat mesin 110cc SOHC dengan teknologi eSP (enhanced Smart Power) juga dilengkapi dengan sistem pembakaran Fuel Injection (PGM-FI). Sehingga motor ini adalah motor yang paling irit dari pilihan motor kami lainnya.

Motor Irit Honda Scoopy

2. Honda Scoopy

Honda Scoopy sudah menjadi pilihan bagi banyak pemotor. Motor matic yang trendy retro juga mampu mencapai 59 km/liternya. Berkat juga beratnya yang ringan hanya 92 kg dan dibekali mesin eSP 109,5 cc SOHC 2 klep berpendingin udara. Juga untuk dibawa sehari-hari dengan tarikannya yang halus menjadi nyaman selama di jalanan Jakarta. 

Motor Irit Honda Genio

3. Honda Genio

Salah satu motor dari Honda yang mirip mirip beda dengan Honda Scoopy. Tetapi ini motor beda dan punya daya tarik sendirinya. Dilengkapi mesin 110cc SOHC eSP (enhanced Smart Power) dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang lebih irit bahan bakar. Serta dengan ISS (Idling Stop System) membuatnya lebih hemat bahan bakar. Konsumsi BBM Honda Genio mencapai 59,1 km/liter.

Motor Irit Yamaha Fazzio

4. Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio dengan gaya skutik klasik tetapi dengan fitur-fitur modern. Fiturnya yang jelas membantu menghemat bensin dengan teknologi Bluecore Hybrid bermesin 125cc, 1-silinder, SOHC dan pendingin udara. Memacunya mendapatkan irit bensin sampai 56 km/liter. Teknologi ini membantu efisiensi BBM dan suplai tenaga juga dilengkapi dengan fitur Start Stop System untuk lebih hemat bensin dengan mematikan mesin saat hanya diam. 

Motor Irit Bensin

5. Yamaha Gear 125

Yamaha Gear 125 adalah motor baru dari Yamaha walau baru tetapi sudah cukup di uji coba hemat bensinnya juga. Dipasangkan dengang mesin Bluecore kapasitas 124,96cc SOHC, membuatnya mencapai 51,5 km/liter dalam sekali jalan isi bensin. Cocok untuk pemotor yang ingin berjalan santai dan agresif tapi tetap irit bensin.

6. Yamaha Aerox

Walaupun motor matic kelas premium, masih terhitung irit dan kalau beli bekas Yamaha Aerox bisa dapat dibawah 18 Juta untuk tahun 2017.

Lebih Lengkap Daftar Harga Motor Yamaha Aerox bisa Periksa Artikel dibawah Ini!

Buat pemotor yang ingin motor sporty tapi berhemat dari harga beli juga irit bensin. Terpasang mesin 155cc, SOHC, Liquid Cooled, dan Fuel Injection mencapai 49 km/liter. Mesin besar pada motor ini, buat di jalanan bisa jalan santai dan gaspol masih terasa halus juga tidak takut boros bensin.

7. Honda Vario 160

Motor matic premium ini juga sangat irit walaupun mesin nya besar dan tidak usah takut boros bensin. Dijejalkan mesin 160cc dengan 4 katup eSP+ dan liquid cooled membuat motor ini bisa sampai 46,9 km/liter. Motor yang bergaya premium ini, juga sudah dilengkapi fitur ABS (Anti-lock Braking System) membuat di jalanan lebih aman dan nyaman.

Lebih Lengkap Daftar Harga Motor Honda Vario bisa Periksa Artikel dibawah Ini!

Diatas adalah pilihan motor-motor yang irit bensin yang kisaran konsumsi BBM dari 45 km/liter hingga 60 km/liter. Beli motor yang irit bensin adalah cara bijak untuk menghemat duit juga tetap untuk mobilitas sekolah, bekerja, atau sekedar liburan. Ingat untuk lebih menjamin motor irit juga dipengaruhi gaya berkendara dan sering stop and go. Pastikan pilih dengan bijak dan harus siasati kenaikan BBM nanti!

Share This Article

Artikel Terbaru

Artikel Terkait